Tinjau Pelabuhan dan Kapal di Bakauheni, Menhub Imbau Pengguna Jasa Patuhi Protokol Kesehatan

477 views

Lampung Selatan, Medianasional.id – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau layanan arus balik penyeberangan periode libur panjang Maulid Nabi SAW di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, pada Minggu (1/11).

Menhub mengatakan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo perjalanan liburan masyarakat pada libur panjang Maulid Nabi ini dapat berjalan dengan baik, lancar dan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai aturan.

“Masyarakat hendaknya memanfaatkan waktu liburan dengan baik, melakukan perjalanan untuk bersilaturahmi dengan keluarga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Mulai dengan wajib memakai masker, rajin mencuci tangan dan tetap menjaga jarak (physical distancing). Untuk pemakaian masker, gunakan masker 3 lapis, bukan yang scuba. Jika ditemukan penumpang yang pakai masker scuba, segera ingatkan untuk ganti,” tutur Menhub.

Dalam kesempatan tersebut, Menhub turut mengapresiasi koordinasi yang sangat baik antara lintas sektor yang tergabung dalam Tim Posko Gabungan di Lampung Selatan yang mendukung layanan penyeberangan selama periode libur panjang Maulid Nabi SAW ini. “Tim Posko Gabungan ini dapat menjadi role model seluruh tim layanan angkutan umum, dalam memberikan pelayanan yang prima kepada pengguna jasa transportasi,” ujarnya.

*Puncak Arus Balik*
Memasuki H+3 arus balik penyeberangan, trafik penumpang dan kendaraan yang melintas di lintasan Bakauheni-Merak terlihat ramai namun lancar.

Berdasarkan data Posko, total dari 27 Oktober 2020 atau H-2 sampai 31 Oktober 2020 atau H+2 tercatat total penumpang yang menyeberang dari Merak ke Bakauheni mencapai 133.114 orang dan total kendaraan 35.427 unit. Sebaliknya, total penumpang yang naik dari Bakauheni ke Merak mencapai 105.989 dan total kendaraan mencapai 29.411 unit.

Jika melihat statistik data, diperkirakan trafik kendaraan dan penumpang yang akan kembali dari Sumatera ke Jawa, untuk penumpang masih sekitar 20 persen lagi atau sekitar 27.123 orang. Sedangkan untuk kendaraan diperkirakan masih belum kembali sebesar 17 persen atau 6.016 unit lagi

“Kita perkirakan hari Minggu (1/11) ini menjadi akhir puncak arus balik penyeberangan periode libur panjang Maulid Nabi dari Sumatera ke Jawa, mengingat Senin (2/11) besok aktivitas pekerjaan sudah kembali normal. Untuk di lintas Bakauheni – Merak, kendaraan mobil pribadi masih mendominasi. Tercatat, sampai pukul 15.00 mobil pribadi yang menyeberang dari Sumatera ke Jawa mencapai 1.690 unit, sepeda motor sebanyak 952 unit, dan total penumpang mencapai 13.388 orang,” tutur Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi.

Ia menambahkan, ASDP secara konsisten dan berkelanjutan memberikan pelayanan prima dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat di pelabuhan dan kapal mulai dari disinfeksi kapal, imbauan menjaga jarak, serta mengingatkan pengguna jasa dan petugas untuk selalu menggunakan masker dan mencuci tangan.

Di samping peran petugas di lapangan, imbauan protokol kesehatan ini kami sampaikan secara berkala melalui pengeras suara di pelabuhan dan kapal. Dipastikan, semua fasilitas terkait pencegahan dan penanganan Covid 19 tetap tersedia dan dapat dipergunakan seperti mulai dari wastafel cuci tangan, spot hand sanitizer, markah physical distancing di jalur serta di kursi-kursi penumpang. Hingga saat ini, ASDP juga masih mematuhi aturan pemuatan penumpang dan kendaraan dari jumlah maksimal kapasitas kapal sebanyak 50 persen.(Amin Padri)

DomaiNesia

Lampung Selatan

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.