Pengurus IKK Sumsel Kabupaten Banyumas Dikukuhkan

510 views

Purwokerto, medianasional.id – Inisiator sekaligus pembina organisasi, Komandan Kodim 0701/Banyumas, Letkol Inf Candra, mengukuhkan kepengurusan Ikatan Kerukunan Keluarga Sumatera Selatan (IKK Sumsel), di Aula Makodim 0701/Banyumas, Minggu (11/4/2021).

Candra berharap, keberadaan oraganisasi tersebut menjadi wadah pemersatu untuk mempererat kebersamaan, kekeluargaan dan keakraban sesama warga Sumatera Selatan di perantauan khususnya di wilayah eks karesidenan Banyumas.

“Besar harapan kami keberadaan IKK Sumsel bermanfaat untuk saling bantu termasuk meningkatkan perekonomian para anggotanya,” ujarnya.

Candra yang masih sangat fasih berbahasa Palembang ini juga berharap, IKK Sumsel menjadi wadah untuk saling asah, saling asih dan saling asuh.

“Kalu bukan kito, sapo lagi? Kalu bukan sekarang, kapan lagi? Payoh kito besakke organisasi ini dengan niat biso bemanfaat bagi dulur sekalian (Kalau bukan kita, siapa lagi? Kalau bukan sekarang, kapan lagi? Mari kita besarkan organisasi ini dengan niat bisa bermafaat untuk saudar sekalian),” ujarnya.

Ketua IKK Sumsel, Kms Mahmud menyampaikan, saat ini baru terdaftar 58 keluarga asal Sumsel di wilayah eks karesidenan Banyumas. Dari jumlah tersebut, 29 di antaranya memiliki pasangan yang memang asli Banyumas.

“Semoga organisasi ini bisa terus berkembang, keterikatannya sangat erat karena lebih dari separuh anggota berpasangan dengan warga asli Banyumas,” ujarnya.

Agenda yang digelar dengan penerapan protokol kesehatan ketat tersebut, dihadiri sejumlah tokoh asal Sumatera Selatan yang kini bertugas dan tinggal di Banyumas.

Diantaranya Komandan Batalyon (Danyon) 405/Surya Kusuma, Letkol Inf Kresna Santy Dharma, Manajer UPT PLN Purwokerto, Armunanto, dan lainnya.

Armunanto yang juga didaulat sebagai pembina berharap, IKK Sumsel bisa menjadi duta daerah bisa mengenalkan dan mengembangkan kebudayaan hingga kuliner khas Sumatera Selatan di wilayah Banyumas.

“Selain mempopulerkan kuliner seperti empek-empek atau tarian daerah, jangan lupa IKK Sumsel juga harus merumuskan program-program yang ikut berkontribusi untuk pemerintah daerah Banyumas,” ujarnya.

Usai perkenalan seluruh pengurus dan anggota IKK Sumsel, acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan menyantap hidangan khas Sumatera Selatan. (Enky/Waris)

IKK Sumsel Purwokerto

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.