Peleton Linmas Borobudur Mendapat Pembinaan dari Koramil

78 views

Magelang, medianasional.id – Anggota Koramil Borobudur Kodim 0705/Magelang Pelda Iwan Kusmana memberikan penyuluhan, pembinaan dan pelatihan kepada peleton Linmas Desa Borobudur, Rabu (12/01/2021). Sebanyak 42 orang anggota Linmas Desa Borobudur menerima penyuluhan pembinaan dan Linmas yang digelar di Aula Balai Desa Borobudur.

Pengertian Satuan Perlindungan Masyarakat dapat ditemukan pada Peraturan menteri Dalam Negeri Nomor 10 Tahun 2009 tentang Penugasan Satuan Perlindungan Masyarakat Dalam Penanganan Ketenteraman, Ketertiban, Dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilihan Umum pada pasal 1 butir 1 yaitu : Satuan Perlindungan Masyarakat yang selanjutnya disebut Satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan.

Menurut Pelda Iwan, pada pelatihan dan pembinaan linmas diberikan beberapa materi yang terkait dengan pengamanan, pertahanan, ketertiban, dan aspek-aspek dalam mengatasi masalah tindakan kriminal maupun non kriminal diwilayah masing-masing.

Masih menurut Iwan, tujuan pembinaan Linmas adalah agar Satlinmas memahami dan mampu melaksanakan tugas sesuai dengab ketentuan yang berlaku. Sedangkan sasaranya adalah terciptanya keamanan dan ketertiban lingkungan.

Dengan dilaksanakan pembinaan diharapkan Linmas Borobudur akan lebih profesional dalam pelaksanaan tugas di tengah masyarakat.

” Diharapkan Linmas Borobudur memiliki kemampuan yang handal dalam pelaksanaan tugas dihadapkan dengan kondisi saat ini,” ujar Iwan.

Sebagai seorang Linmas wajib memiliki jiwa dan semangat dalam melindungi wilayahnya agar selalu aman dan nyaman dan membantu bhabinkhamtibmas dan babinsa dalam menciptakan ketentraman dan ketertiban di wilayah, saling bersinergi antara masyrakat sipil dengan TNI dan Polri. Karena kenyamanan dan ketertiban merupakan kunci utama dalam bermasyarakat agar tidak menimpulkan perselisihan dan konflik satu sama yang lainnya.

Sumpeno, salah satu Linmas Borobudur menuturkan dengan mengikuti pembinaan dan pelatihan Linmas dirinya memiliki tambahan ilmu yang sangat mendukung tugas – tugas Linmas.

“Dengan mengikuti pembinaan ini, ada manfaat yang besar yang bisa kami dapatkan,” tutur Sumpeno.

Reporter : Tyo

Editor : Drajat

DomaiNesia

Magelang

Penulis: 
author

Posting Terkait

banner 468x60)

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.