Meski Puasa, Puluhan Warga Kemutugkidul Ikuti Donor Darah

144 views

Banyumas, medianasional.id – Karangtaruna Satria Taruna Jaya 8 Desa Kemutugkidul Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas kembali mengelar kegiatan donor darah Sabtu malam (17/4) di Balai Desa setempat. Kegiatan dihadiri puluhan pemuda dan warga sekitar.

Sekretaris Karangtaruna Tinto Fourdianto mengatakan kegiatan donor darah merupakan kegiatan sosial, yang menjadi agenda rutin karang taruna sebagai kelompok donor darah sejak tahun 2011. Mengingat bulan puasa donor darah digelar malam hari dalam rangka membantu sesama, yang membutuhkan darah.

“Kegiatan ini sudah berjalan lebih dari 10 tahun, dan selalu mendapat tanggapan positif, baik dari anggota maupun masyarakat Kemutugkidul dan sekitarnya, hal ini terbukti yang hadir mencapai 68 orang, namun yang berhasil diambil darahnya hanya sebanyak 42 orang,” katanya.

Pelaksanaan donor darah sengaja dilaksanakan pada malam hari dalam dan malam Minggu, mengingat bulan puasa dan sebagian besar anggotanya adalah pekerja. Untuk menambah peran serta warga pihaknya melibatkan Pemerintah Desa, PKK dan lembaga baik RT, PKK dan lainya dalam sosialisasi, agar keikutsertaan masyarakat semakin bertambah.

“Kegiatan donor darah merupakan cara mudah untuk bersedekah, yang bisa dilakukan oleh semua orang yang memenuhi syarat,” katanya.

Nur Azizah (17 tahun) warga Rempoah, salah satu pendonor mengatakan dirinya baru pertama kali mendonorkan darahnya.

“Saya terpanggil mengikuti donor darah, dengan tujuan untuk membantu sesama dan semoga darah saya bisa bermanfaat untuk orang yang membutuhkan,” ungkapnya.

Editor : Dian

Banyumas

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.