Masyarakat Harus Jujur Saat Sensus

160 views

Bupati saat menerima penghargaan dari BPS.

Mukomuko, Medianasional.id– Sesuai jadwal, sensus penduduk dengan petugas datang ke rumah-rumah, akan digelar bulan September ini. Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu, H. Choirul Huda, SH meminta masyarakat dapat mengisi dan menjawab dengan jujur. Setiap pertanyaan dan kuisener yang diberikan oleh petugas sensus.

“Isilah dan jawablah dengan jujur.
Sangat penting data yang akurat dan sesuai dengan kondisi sebenarnya,” saran Bupati.

Kedepan, pemerintah akan menerapkan satu data untuk semua data penduduk. Dari data itulah nantinya, akan jadi dasar
pemerintah mengambil sejumlah kebijakan. Baik itu ditingkat pemerintah pusat, pemerintah provinsi maupun ditingkat pemerintah kabupaten.

“Dengan sensus ini, akan jelas semuanya, berapa jumlah penduduk, berapa penduduk laki-laki, berapa penduduk perempuan dan tingkat pendidikannya. Itu untuk kebijakan pemerintah. Semakin tinggi akurasi datanya, semakin baik. Apalagi kita ini kedepan satu data,” katanya.

Dengan data yang pasti, akan memudahkan pemerintah dalam memberikan bantuan. Agar bantuan benar-benar tepat sasaran, dan sesuai dengan peruntukan serta yang diharapkan pemerintah. Dan kebijakan yang
diambil, bisa benar-benar menyentuh masyarakat.

“Kebijakan apapun, berdasarkan sensus itu. Mana orang yang perlu dibantu, nanti akan
nampak. Sehingga kebijakan pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten, pas. Tidak salah sasaran. Itu salah satu pentingnya data itu. Kebijakan lainnya, apapun, berdasarkan data,” jelasnya.

Sebelumnya, Pemkab Mukomuko mendapatkan penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) pusat. Setelah Mukomuko mencatat rekor tertinggi kedua, angka partisipasi masyarakat pada sensus penduduk online dari jumlah masyarakat untuk tingkat Provinsi Bengkulu.

“Mukomuko bisa mencatat angka lebih dari 100 persen dari target. Seperti persentase
keluarga yang respon terhadap target harian Sensus Penduduk secara Online, mencapai 125,72 persen. Kemudian persentase keluarga yang submit terhadap target harian, sampai 119,93 persen,” pungkasnya. (Wanti)

DomaiNesia

Mukomuko

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.