Komsos Babinsa Melalui Pengobatan Tradisional ke Masyarakat

74 views


Wonosobo, medianasional.id – Setelah melakukan gurah massal beberapa waktu yang lalu Serda Rosikin Babinsa Koramil 05/Kejajar Kodim 0707/Wonosobo melaksanakan kegiatan komsos kemasyarakat melalui pengobatan tradisional. Pengobatan yang dilakukan mulai dari bekam, akupuntur, pijat refleksi dan masih banyak lagi sesuai dengan kondisi dan penyakit pasien. (22/11)
Serda Rosikin menyampaikan saat ini banyak orang sakit, akan tetapi untuk berobat ke rumah sakit atau Puskesmas mereka takut. Mengetahui permasalahan tersebut dengan kemampuan yang dimiliki akan ilmu pengobatan tradisional dipraktekan kepada orang – orang yang membutuhkan. Baik itu masyarakat luas maupun dilingkungan Koramil maupun Kodim 0707/Wonosobo. Alhamdulilllah banyak yang sembuh.

Dari cerita orang – orang yang sembuh tersebut saat ini pengobatannya tidak hanya di wilayah Kecamatan Kejajar saja akan tetapi sudah kebeberapa kecamatan yang ada di Wonosobo. Bahkan tempat kelahirnnya yaitu di Demak, juga masih sering buka praktek bila ada kesempatan.
Pengobatan ini sebagai bentuk Komsos seorang Babinsa kepada masyarakat. Banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan pengobatan. Setiap membantu pengobatan ke pasien tidak lupa Serda Rosikin mengingatkan bahwa penyakit itu datangnya dari Allah SWT. Agar cepat sembuh pasien diberikan sugesti dengan cara mengajak pasien untuk kembali kepada Al Quran dan Sunah Nabi, sebab Allah SWT sudah menurunkan Al Qur’an sebagi Assyfa (obat), sedangkan bekam merupakan cara pengobatan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Untuk itu apabila sakit pasien diajak agar banyak berdoa, mengingat Sang Maha Pencipta, instopeksi diri mungkin kita banyak dosa atau kurang dekat dengan Sang Khalik karena kesibukan dalam bekerja dan sebagainya. Saat sakit yang tidak kalah penting adalah selalu bersabar, karena dengan sakit asalkan kita ihlas maka banyak manfaat yang tidak kita rasakan.

Selain pengobatan melalui gurah, pijat refleksi, akupuntur dan bekam. Ada salah satu cara bekam yang agak ekstrim yaitu bekam bakar dengan menggunakan tanduk kerbau. Bekam bakar ini bisa menyembukan penyakit seperti fertigo, masuk angin dan capek – capek.

Danramil 05 Kejajar Kapten Arm Soepriyanto sangat mendukung kepada anggota untuk melaksanakan Komsos kepada masyarakat melalui pengobatan tradisional ini. Itu sebuah keahlian yang jarang dimiliki oleh seorang prajurit. Dari gurah tersebut banyak manfaat yang bisa dirasakan. Bagi seorang Babinsa itu menjadi alat komunikasi sosial yang sangat efektif mendekatkan kepada masyarakat. Untuk itu diharapkan keahlian ini terus didalami sebab sifat ilmu itu akan berkembang untuk mengikuti perkembangan jaman.

Harapnya adalah dengan menyelenggarakan Komsos ke masyarakat umum bisa membantu menyehatkan disituasi pandemi ini. Melalui kegiatan tersebut masyaraka yang sakit cepat sehat, yang sehat bisa menjaga diri agar tidak sakit yaitu selalu mentaati protokol kesehatan.

Reporter : Andika

Editor : Tyo

DomaiNesia

Wonosobo

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.