Hasil Pelayanan dan Kerjasama yang Telah Dilakukan Oleh Disdukcapil Kabupaten Bogor

Advertorial, Bogor376 Dilihat
Kegiatan Dukcapil Menyapa Masyarakat (DMM)

Bogor, medianasional.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor telah melakukan berbagai upaya dalam rangka memenuhi hak masyarakat Kabupaten Bogor terkait kepemilikan dokumen kependudukan. Upaya tersebut meliputi kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Disdukcapil, seperti kegiatan Jemput Bola Akta Kelahiran yang sudah dilakukan sebanyak 36 kali ke desa-desa, sosialisasi kebijakan kependudukan melalui Radio,  Dukcapil Menyapa Masyarakat (DMM), pelayanan perekaman KTP Elektronik melalui Home Visit, Pelayanan lembur cetak KTP-el, pelayanan perekeman KTP-el khusus orang sakit ke RSUD, pelayanan pencatatan sipil Akta Perkawinan serta pelayanan dukcapil selama hari libur nasional. Berikut jumlah penerbitan dokumen kependudukan melalui kegiatan pelayanan langsung maupun tidak langsung yang telah dilakukan oleh Disdukcapil Kabuapeten Bogor selama bulan Januari s/d November 2020:

 

Akta Kelahiran KIA KK KTP
Januari 13,056 5,201 28,443 5,462
Februari 13,829 4,812 31,841 148,660
Maret 10,111 4,312 28,101 239,860
April 2,221 1,322 16,264 43,137
Mei 2,176 1,406 12,783 35,232
Juni 9,983 3,821 34,526 30,203
Juli 14,439 9,509 44,987 36,961
Agustus 10,401 8,681 33,634 50,239
September 13,902 13,697 41,001 35,695
Oktober 11,742 10,312 30,062 48,915
November 6,843 6,153 20,439 25,071
Jumlah 108.703 69.226 322.081 699.435
pelayanan perekaman KTP Elektronik
melalui Home Visit

Dalam rangka memperkuat layanan di tengah pandemi, Kemendagri mengeluarkan terobosan baru yakni Program Dukcapil Menyapa Masyarakat (DMM) untuk semua Dukcapil Kabupaten / Kota. Dengan adanya program Dukcapil Menyapa Masyarakat (DMM) yang dilakukan melalui via Zoom Meeting diharapkan dapat mengurangi hambatan komunikasi antara masyarakat dan  pelayanan dukcapil. Melalui program DMM, masyarakat dapat menyampaikan keluh kesah, maupun permasalahan yang dialami terkait administrasi kependudukan langsung kepada para jajaran dukcapil sehingga para jajaran beserta staf dukcapil dapat mengetahui dan memecahkan masalah-masalah terkait pelayanan administrasi kependudukan. Dengan tersedianya pilihan pelayanan tatap muka secara langsung maupun online tersebut, diharapkan masyarakat tidak perlu datang langsung ke Kantor Disdukcapil jika memang tidak sangat penting dan mendesak.

 

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil juga telah melakukan berbagai upaya untuk tetap memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, salah satunya dengan melakukan pelayanan selama hari libur, mulai dari pelayanan perekaman KTP Elektronik melalui Home Visit, Pelayanan lembur cetak KTP-el, pelayanan perekeman KTP-el khusus orang sakit ke RSUD, pelayanan pencatatan sipil Akta Perkawinan serta pelayanan dukcapil selama hari libur nasional.

pelayanan pencatatan sipil Akta Perkawinan.

Selain itu, guna menambah minat penduduk dalam pendaftaran dokumen kependudukannya dilaksanakan kerjasama dengan Taman Safari Indonesia dan Gramedia Cibinong City Mall. Kerjasama tersebut berlaku untuk warga Kabupaten Bogor yang sudah memiliki Kartu Identitas Anak (KIA) akan mendapatkan potongan harga 10% tiket masuk Taman Safari Indonesia dan potongan harga buku 10% di Gramedia Cibinong City Mall.

Berdasarkan hasil perhitungan survey kepuasan masyarakat yang meliputi jenis pelayanan dokumen kependudukan yang diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor didapatkan hasil nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Tahun 2019 sebesar 80.53 dengan mutu pelayanan B. Dari hasil IKM tersebut, dapat dilihat secara umum kualitas pelayanan pada Disdukcapil dipersepsikan Baik oleh masyarakat pengguna layanan. (adv)

Penerimaan Dokumen Kependudukan
meliputi KIA, KK dan KTP dalam program
layanan saat hari Libur Nasional.
Lembur cetak KTP El

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.