Ciptakan Jurnalis Pramuka, DKR Sumpiuh Gelar Lakatpuan Jurnalistik

89 views

Banyumas, Medianasional.id – Dewan Kerja Ranting Sumpiuh menggelar kegiatan latihan ketrampilan dan kemampuan (Lakatpuan) untuk Unit Jurnalistik Angkatan-4, Kamis (15/04) di SD Negeri 01 Banjarpanepen, Kecamatan Sumpiuh, Kabupaten Banyumas.
Kegiatan dibuka Ketua Kwartir Ranting Sumpiuh Siti Nur Hasanah dengan mengusung tema “Bersinergi Membangun Jurnalis Muda”.

Materi Lakatpuan disampaikan oleh Parsito Sekretaris Bidang Humas Kwarcab Banyumas tentang praktik meliput berita, pengambilan foto dan video serta wawancara. Ia menjelaskan secara detail bagaimana tatacara dalam merekam/memotret sebuah peristiwa dan wawancara untuk media radio dan televisi. Parsito juga berbagi pengalaman beliau yang berkaitan dengan kejurnalisan.

Ketua Dewan Kerja Ranting Sumpiuh Yesika Hervita mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengasah kemampuan bagi Pramuka penegak dan pandega yang tergabung dalam DKR Sumpiuh khususnya Unit Jurnalistik.

“Dengan ketrampilan tersebut, diharapkan mereka dapat menyebarkan berita positif di wilayah Sumpiuh, menangkal berita hoax di kalangan masyarakat luas dan menciptakan Jurnalis muda yang berdedikasi tinggi.” ucap Jesika

Dengan kemampuan tersebut, kegiatan positif yang dilakukan oleh Pramuka Sumpiuh dapat terpublikasikan secara luas.

Sementara itu Ketua Pelaksana Alika Safitri menjelaskan kegiatan diikuti oleh 19 peserta yang terdiri dari 10 pengurus DKR dan 9 orang anggota Unit Jurnalistik DKR Sumpiuh.

“Untuk anggota Unit Jurnalistik ada 9 orang yang berasal dari SMK Kesehatan Bhakti Husada Sumpiuh, SMA Diponegoro Sumpiuh, SMA Negeri 01 Sumpiuh, MAN 3 Banyumas, dan SMK Muhammadiyah Sumpiuh dan untuk DKR ada 10 orang,” jelasnya

Singgih Dyah DKR Sumpiuh

Editor : Firlyanta

Banyumas

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.