Berkah Ramadhan, Baitul Mal Salurkan Rp 1,4 Milyar ZIS Untuk Ribuan Mustahaq Bulan Puasa Nanti

202 views

Kepala Baitul Mal Aceh Tenggara, Tgk Sahidul Akram Al Hafidzi, ketika diabadikan Pewarta Media Nasional Kutacane.

Aceh Tenggara, medianasional.id – Bisa sedikit tersenyum ribuan wajah Mustahaq ZIS (Zakat, Infaq dan Sadakah) di bumi metuah sepakat segenap Aceh Tennggara manakala hampir Rp 1,4 Milyar dana yang berhasil dihimpun pihak Baitul Mal Kutacane bersumber dari gaji yang disisihkan para PNS muslim yang ada di daerah itu tahun 2021 ini.

Uniknya, penyaluran tersebut akan dilakukan jelang bulan puasa ini, demikian disampaikan Kepala Baitul Mal Aceh Tenggara, Tgk Sahidul Akram Al Hafidzi, ketika ditemui Media Nasional, Rabu (07/04/2021), di ruang kerjanya.

Lebih lanjut ditambahkannya, “itulah Beekahnya Bulan Ramadhan tahun ini. Insya Allah jelang Ramadhan ini, para Mustahaq ZIS yang sudah kita data akan sedikit terbantu beban mereka.”

“Apalagi saat ini wabah pendemik Covid 19 tengah mengancam kita, yang artinya beban hidup bagi warga kita yang kurang beruntung ekonominya kian berat mereka tanggung, alhamdulillah penyaluran tahap I ZIS ini akan membantu mereka yang termasuk sebagai empat Kategori Mustahaq yakni bagi mereka yang cacat fisik, tua jompo, guru ngaji desa dan para muallaf kita,” terang orang nomor wahid di kantor Baitul Mal ini.

Sesuai arahan Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tenggara, sambunng Sahidul Akram, “ribuan Mustahaq ZIS itu berdomisili di 322 Desa yang tersebar di 16 Kecamatan daerah kita ini, dan secara bertahap akan kita salurkan hak-hak mereka,” ujarnya.

“Ini juga merupakan kerja keras yang dilakukan 16 petugas (muammalah) kita yang terjun langsung ke rumah-rumah warga kita guna memperbaharui data para Mustahaq ZIS ini, dan saya secara pribadi sangat mengapresiasi kerja keras mereka, yang tidak lupa juga kantor Baitul Mal tetap menerima usulan warga kita yang datang untuk didata,” timpalnya.

“Secara simbolis acara penyaluran ZIS akan resmi kita lakukan, cuma soal tempat tengah kita koordinasikan ke pihak Pemkab Aceh Tenggara, cuma pastinya Bupati Aceh Tenggara, Drs H Raidin Pinim, MAP akan hadir langsung menyerahkan ke para Mustahaq yang kita pilih untuk hadir pada acara tersebut,” rincinya.

“Insya Allah, penyaluran tahap II ZIS tahun 2021 ini akan kita lakukan di akhir tahun, cuma kepastian total dana ZIS yang terkumpul belum bisa kita sebutkan, ditengarai akan ada tambahan dari sumber ZIS kita lainnya, antara lain yakni dari Zakat Mal warga kita yang mampu sebesar 2, 5 % dan juga setoran ZIS dari pihak rekanan dan kontraktor kita”, ungkapnya.

Di ujung konfirmasi Tgk Sahidul Akram berharap, “semoga dengan disalurkannya ZIS ini nantinya bisa meringankan beban hidup ribuan mustahaq kita yang ada di daerah ini, dan mudah-mudahan juga bantuan itu bisa membuat mereka sedikit bernafas lega apalagi bisa digunakan untuk mengatasi keperluan sehari-hari mereka di bulan Ramadhan yang setiap nilainya adalah ibadah,” pungkas Sahidul Akram.(rh-01)

Aceh Tenggara

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.