7519 Rumah Tangga Miskin, Akan Terima Bantuan Ayam

Batang596 Dilihat

Batang, medianasional.id
Bupati Batang Wihaji berharap kepada rumah tangga yang kurang beruntung penerima bantuan bibit ayam tidak menjual bantuannya, pasalnya program tersebut sebagai pembuka rezeki untuk menambah penghasilan bagi tiap-tiap keluarga penerima bantuan.

“Bupati Batang Wihaji pengen tahu sejauh mana program dilaksanakan dengan serius, jangan sampai curang, laporkan keberhasilan yang nyata tanpa adanya rekayasa laporan,” pinta Bupati Wihaji saat membuka kegiatan bimbingan teknis Kampung Unggulan Balitbangtan) di Kantor Desa Soka Kecamatan Bawang Senin (2/9/2019).

Lebih jauh Bupati mengharuskan adanya evaluasi dan monitoring dari tim pendampingan guna mengetahui sejauh mana bantaun tersebut, karena lima bulan kedepan ayam sudah mulai bertelur yang nantinya bisa diketahui apakah ayam masih hidup ataupun mati bahkan bisa di jual oleh penerima bantuan ke orang lain.

“Bantuan bibibit ayam kita harapkan bisa sukses mencapai 80% untuk 5 bulan kedepan, akan kita pilih 3 RTM (Rumah Tangga Miskin) yang hasil ternaknya bagus akan mendapatkan hadiah lagi yaitu berupa Kambing,” ucap Bupati Batang Wihaji.

Penerima bantuan tersebut di Kabupaten Batang hanya ada 2 kecamatan yaitu Kecamatan Bawang serta Kecamatan Reban, total bantuanya hingga 22 milyar berupa DOC (day old chicken), pakan ternak 5 sak dan kandang permanen serta pemberian vaksinasi terhadap hewan ternak tersebut.

Kepala Balai Besar Paska Panen Kementerian Pertanian Proyadi Syamsuri mengatakan, bahwa program BEKERJA (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera ) bertujuan untuk melepaskan kemiskinan di daerah ipedesaan dengan cara memberikan hewan ternak seperti bertenak ayam.

“Semoga Rumah Tangga Miskin (RTM) penerima bantuan ayam KUB mendapatkan tambahan pendapatan dalam rumah tangganya dengan cara beternak ayam melalui bantuan KUB,” Beber Wihaji.

Kementrian Pertanian dalam melaksanakan program Bekerja di seluruh Indonesia ada 1 juta penerima RTM, dan di Kabupaten Batang hanya dua Kecamatan yakni Bawang dan Reban.

“Keunggulan ayam KUB mampu bertelur 160 butir selama hidupnya, kalau ayam kampung biasa hanya 100 butir, sehingga estimasinya dalam 50 ekor ayam rata – rata ayam bisa bertelur dalam satu bulan hingga mencapai 500 butir. Jadi, Jika rata – rata telur dijual dengan harga Rp 2000 maka pendapatan keluarga penerima bantuan bisa mendapatkan tambahan penghasilan mencapai Rp 1 juta perbulan,” kata Proyadi Syamsuri.

Lebih lanjut Proyadi Syamsuri menjelaskan bahwa penerima bantuan ayam KUB satu RTM masing – masing mendapatkan 50 ekor yang ber umur satu hari atau DOC, disamping itu juga mereka mendapatkan bantuan pakan selama 5 bulan sebanyak 50 kg, bantuan kandang sementara, dan bantuan uang Rp 500 ribu untuk bantuan kandang permanen.

“Jumlah Total penerima bantuan di Kabupaten Batang sejumlah 7519 RTM untuk Kecamatan Bawang ada 20 desa dengan jumlah penerima 3461 RTM dan Kecamatan Reban 19 Desa total penerima 4058 RTM namun baru 1500 RTM yang menerima, bantuan tersebut telah diseleksi oleh pendamping PKH, PPL, TKSK, dan Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Batang.

Reporter : Puji_L

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.