Zaman Semakin Modern, Mainan “Jadul” Ini Masih Ditemukan di Pemalang

80 views

Pemalang, Medianasional.id – Dari zaman ke zaman permainan anak-anak semakin berkembang dan semakin modern. Tapi di era tahun 2020 masih ditemukan penjual mainan jaman dulu (jadul), yaitu kapan-kapalan berbahan seng dan dijalankan dengan menggunakan kapas yang sebelumnya disirami dulu dengan minyak goreng dan kemudian kapas tersebut dinyalakan menggunakan korek api dan ditaruh di dalam kapalnya, barulah kapal-kapalan tersebut bisa berjalan di atas air dengan mengeluarkan suara khasnya.

Menurut keterangan dari penjualnya jualan seperti ini sudah jarang, bahkan boleh dikatakan hampir tidak ada. “Tapi tetep saja, kalau hari-hari biasa pembelinya sedikit. Pembeli bisa banyak, itu menjelang dan saat bulan ramadhan. Apalagi setelah ada pandemi corona, bisa jual 5 saja sudah beres”, kata penjualnya.

Ia menjual mainannya seharga Rp.10.000 per pcs. Dikatakannya, “jualan mainan seperti itu adalah musiman. Jadi kalau jualan tidak pada musimnya yaitu menjelang puasa atau pas puasa, ya biasa-biasa saja. Yang penting ada pendapatan yang masuk, buat tambah-tambah penghasilan untuk kebutuhan sehari-hari”, imbuhnya.

Usaha jualan mainan seperti itu, patut dibantu dalam proses pengembangan dan pemasarannya. Semoga Dinas terkait bisa memperhatikan dan membantu Penjual kapal-kapalan itu sehingga mainan-mainan tempo dulu itu tak usang dimakan waktu yang semakin serba modern. Penjual mainan tersebut dapat ditemui di dekat pos keamanan depan pintu masuk utama Pasar Pagi Pemalang. (CATUR)

DomaiNesia

Pemalang

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.