Warga Pandeglang Sambut Fenomena Gerhana Matahari Dengan Sholat Gerhana

148 views

Sholat Gerhana Matahari di Pandeglang – Banten

Pandeglang, medianasional.id – Warga Pandeglang menggelar sholat gerhana matahari atau yang lebih dikenal dengan sholat kusuf di Mesjid Agung AR – Rahman Pandeglang, Kamis (26/12/2019).

Dewan Kemakmuran Mesjid, H. Muhamad Idus mengatakan, sholat gerhana itu sebagai tanda mensyukuri nikmat yang Allah SWT berikan, yaitu kejadian alam ini merupakan fenomena yang harus di syukuri dan juga fenomena yang sangat bermanfaat bagi umat manusia khususnya umat islam.

Ia menegaskan, keberadan gerhana matahari itu merupakan kejadian yang diciptakan oleh Allah SWT. Jadi menurutnya tidak perlu dikaitkan dengan masalah yang lain seperti orang meninggal, atau kejadian seperti bencana alam, gerhana matahari hanya kejadian yang sunatullah (digerakan oleh Allah SWT – Red).

“Sholat gerhana itu dua rakaat dalam satu rakaat memebaca dua kali surat Al – Fatihah, ruku dua kali dalam satu rakaat, berarti dalam satu rakaat itu ada empat ruku, empat kali membaca surat Al – Fatihah dan empat kali membaca surat  dalam Al – Quran,” kata Idrus, usai melaksanakan sholat gerhana.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Pandeglang, Syamsudin menyebut, pelaksanaan Salat Gerhana tidak cuma dilangsungkan di Masjid Agung AR – Rahman Pandeglang. Tetapi, juga disejumlah masjid lainnya.

“Sebelumnya kami sudah menyampaikan himbauan untuk melaksanakan salat sunah gerhana, ke seluruh masjid yang ada di Pandeglang melalui MUI.

Meski tidak dilintasi, tapi sayang sekali kalau momen ini tidak dilaksanakan dengan baik. Karena sebagai wujud syukur kita kepada Allah SWT,” jelasnya.

“Mudah – mudahan kita dijauhkan dari segala bentuk bencana,” harapnya.

Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), wilayah Banten terletak di bagian selatan jalur cincin sehingga gerhana yang teramati adalah Gerhana Matahari Sebagian dengan durasi gerhana matahari rata – rata 3 jam 40 menit.

Di Banten, puncak Gerhana Matahari Sebagian terjadi pada pukul 12.33 WIB. Adapun Magnitudo gerhana di Pandeglang sebesar 0,782. (Ahmad Yani)

Editor : Agung Mubarra

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.