UPPKS “Dahlia” Silado Kenalkan Produk Home Industry

65 views

BANYUMAS, medianasional.id – Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) “Dahlia”, ramaikan acara dalam rangka hari kontrasepsei sedunia dan pemberian penghargaan Dharma Karya Kencana kepada Hj. Laeli Mansyur serta peresmian Klinik Sidomari yang diselenggarakan oleh DPPKBP3A pada hari Rabu (16/09/2020) di Desa Silado. Kelompok ini merupakan warga dari Grumbul (Dusun) Kikiran yang terletak di utara Desa Silado.

Dalam rangkaian acara tersebut, kelompok UPPKS Dahlia pamerkan sejumlah produk olahan dari para anggotanya. Seperti rempeyek kacang, lemper, golang galling, roti isi, dan masih banyak yang lainya. Itu semua merupakan hasil rumahan dari anggota UPPKS yang sebagian besar dari pedagang kecil yang ada disekitar desa Silado binaan BKKBN melalui PL KB.

“Untuk sementara ini ya home industry, itu merupakan kumpulan ibu – ibu dari pedagang kecil seperti ini, jadi ada yang jual makanan – makanan kecil di rumah,” tutur Maliah Pembina UPPKS istri dari Kepala Dusun.

UPPKS sendiri masih tergolong baru dalam membangun usaha tersebut. Karena, menurut Maliah selaku pembina UPPKS, anggota yang aktif sekitar 20 orang yang sebenarnya ada banyak anggota ikut serta dalam kelompok tersebut, sehingga membuat kelompok UPPKS ini masih merangkak dalam merintis usaha ini untuk agar lebih maju lagi.

“Ini lagi merangkak, lagi belum menemukan jalan yang gimana kita biar usaha ini agar lebih maju lah,” katanya.

Menurutnya untuk meningkatkan upaya UPPKS agar lebih maju ini memang harus ada dukungan penuh dari seluruh lapisan masyarakat khususnya warga desa Silado sendiri, agar nantinya usaha ini dapat meningkatkan pendapatan keluarga, dan membantu pedagang kecil dalam usahanya. Termasuk mensukseskan jogo tonggo dengan belanja di warung dan kerajinan tetangga.

Pada stand pameran tersebut produk olahan, nyaris habis dibeli oleh para undangan yang hadir.

Kontributor : Dien Pilar Yogi Catur Pamungkas

Editor : Dian

DomaiNesia

Banyumas

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.