Tingkatkan Kualitas Kinerja, BPN Batang Gelar Pelatihan Kehumasan

Batang106 Dilihat

Batang,medianasional.id
Tugas dan Fungsi insan Hubungan Masyarakat (Humas) di lini pemerintahan semakin aktif dan taktis, mengingat perhatian publik yang semakin tinggi kepada lembaga pemerintahan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Batang Zumratul Aini saat menggelar Sosialisasi Kehumasan di Hotel Sendang Sari Batang, Kabupaten Batang, Rabu (14/6/2023).

Kepala BPN Batang Zumratul Aini menyampaikan pelayanan kantor BPN atau ATR BPN sekarang sudah jauh lebih baik dari zaman dahulu.

“Mungkin kita sudah tahu semua ya, kita dulu teramat sangat sulit mengakses informasi. Pelayanan ini berapa lama sih? Berkasnya dimana sih? Berapah sih biayanya? Dulu itu teramat sulit,” jelasnya.
Bahkan, ada masyarakat yang menyampaikan kalimat kalau tidak mau bayar segitu ya urus aja ditempat lain, dan itulah kondisinya. Tapi sekarang sudah jauh lebih baik.

“Masyarakat sekarang mau pelayanan apa sudah bisa mengakses, berapa lama waktu tunggu satu pelayana para pemohon sudah tahu, berapa nilainya atau biaya yang harus dikeluarkan juga sudah pada tahu.

Kalau misalnya, harus dikonsultasikan kemana, mereka juga sudah pada tahu. Bahkan persyaratan tugasnya sudah diberikan akses untuk melaporkan dan seterusnya,” terangnya.

Ia juga mengatakan, bahwa persoalannya sekarang itu adalah masyarakat dengan leluasa mengeksplotasi dan memberitakan hal – hal yang tidak berimbang. Kita kelemahannya disitu.

“Karena kesibukan pelayanan untuk menangani tugas pokok fungsi di pelayanan kita sudah teramat menyita waktu. Sehingga untuk mengimbangi berita konflik ataupun berita ekspektasi kepuasan masyarakat yang tidak sesuai,” ungkapnya.

Zumratul Aini menambahkan saat ini berita yang heboh di masyarakat yaitu berita ekspektasi masyarakat yang tidak sesuai.
“Yang muncul ya seperti itu, kalau lain – lainya mah enggak. Yang jelek – jelek yang sering muncul, hal inilah yang kurang kita balas dengan berita yang berimbang,” ungkapnya.

Ia juga berharap, setelah sosialisasi kehumasan ini, BPN Batang bisa lebih baik lagi dalam berita – berita untuk masyarakat yang mengkomplain atau berita konflik masyarakat terhadap kinerja BPN.

“Kita sudah banyak hal yang kita lakukan untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Batang, khususnya pengguna layanan pertanahan yang kini jauh sudah lebih baik dan transparan,” tandasnya.

Dalam kegiatan sosialisasi kehumasan di lingkungan ASN Kantor BPN Batang, sebagai narasumber dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo Batang)# SIO

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.