PT PELNI Cabang Ternate Bersama Disperindakop-UKM, Sosialisasi Gerai Maritim Program Tol laut di Halbar

625 views

Sosialisasi berlangsung

Jailolo, medianasional.id – PT PELNI Cabang Ternate dan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan usaha kecil menengah (UKM) (Disperidakop-UKM) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) menggelar Sosialisasi gerai Maritim program tol laut.

Acara sosialisasi berlangsung di gedung aula kantor Disperindakop-UKM Halbar, sosialisasi ini adalah cara pendaftaran boking kontener program tol laut dari pihak PELNI cabang Ternate, Rabu (29/01/2020).

Kegiatan di hadir Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM (Disperidakop-UKM) Halbar Martinus Djawa, Kepala PELNI Cabang Ternate Oscar, Sekretaris Dinas Kominfo Sahmi Salim, Mewakili Kadishub, Kabid Laut Aziz Hakim, Para pengusaha yang ada di Halbar yang berjumlah kurang lebih 10 orang.

Kadis Perindagkop, Halbar Martinus Djawa pada kesmpatan itu mengatakan, Senin pekan depan aplikasi dan operator sudah mulai di buka dan pengusaha sudah bisa melakukan pendaftaran untuk boking kontener kapal tol laut dari surabaya yang dijadwalkan tanggal 22 Februari masuk di pelabuhan Jailolo.

“Pak bupati berharap, program tol laut ini bisa dimaksimalkan dengan baik, untuk kepentingan peningkatan ekonomi di halbar. Dan Senin mendatang saya sudah ke surabaya bertemu pengusaha surabaya yang akan mengirim bahan pokok ke Jailolo melalui jalur tol laut,”katnya.

Dia juga menambakan, Upaya pak Bupati Danny Missy menghadirkan kapal tol laut di halbar adalah, untuk memaksimalkan harga barang, sehingga harga barang di Halbar bisa setara dengan harga barang di pulau jawa. “Hadirnya kapal tol laut di halbar juga bisa membuka peluang investasi, karena hasil pertanian dan perikanan sudah bisa di ekspor ke surabaya,”harapnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala PELNI malut Oscar mengatakan, Tidak ada sistem monopoli kontener dalam program Kapal Tol Laut, karena menggunakan sistem boking online, sehingga siapa yang boking duluan, maka dia yang dapat kontener. “Total kontener yang ada di Kapal Tol Laut Nusantara Tiga sebanyak 120 kontener, sehingga siapa yang duluan boking, maka dia dapat banyak kontener,”katanya.

Lanjut dia, Jika di halbar bisa menyiapkan produk lanjut oscar, maka PELNI bisa menyiapkan 50 kontener kosong untuk ditempatkan di pelabuhan matui jailolo. Namun kontener kosong yang disiapkan itu juga, kami berharap, pemda bisa siapkan lahan, karena di pelabuhan Matui kayanya tidak muat untuk menampung 50 kontener.

“Kami berharap pengusaha di halbar lebih proaktif untuk melakukan pendaftaran secara online melalui aplikasi yang telah disiapkan dan operator aplikasi akan dikelolah langsung oleh Disperindagkop,” terangnya.

Dia juga memaparkan, Jika pengusaha di halbar tidak cepat melakukan boking lewat aplikasi, maka jatah kontener bisa di ambil oleh pengusaha yang ada di Kabupaten Pupau Morotai, karena Kapal Tol Laut dari Jailolo langsung ke Morotai, setelah itu baru ke Surabaya.

“Jika setiap jadwal kapal tol laut sandar di pelabuhan jailolo dan kembali ke surabaya tidak membawa produk, maka program kapal tol laut akan di batalkan. Dan tidak masuk lagi ke pelabuhan jailolo,”pungkasnya. (M-Ann)

Halmahera Barat

Posting Terkait

  1. author

    Mohon info, apakah ada syarat khusus dalam pengiriman barang menggunakan kontener disaat pandemi seperti ini ? Seperti halnya penumpang yang harus mempunyai surat keterangan rapid, apakah jika pengiriman barang menggunakan kapal pelni juga ada syarat khusus atau tidak ada ? terimakasih

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.