Permudah Segala Administrasi, Disdukcapil Tubaba Berlakukan SIAK

TUBABA, Medianasiona.id
Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tengah adaptasi pemberlakukan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) terpusat yang diberlakukan Pemerintah Pusat pada awal Maret 2022 lalu.

ADVERTISEMENT

Adaptasi tersebut dengan melakukan peningkatan kapasitas SDM melalui pelatihan Bimbingan Teknis terkait sistem baru SIAK terpusat dari tingkat Kepala Dinas, Sekretaris, Kepala Bidang, Administrator Data Base dan Operator.

Kepala Disdukcapil Tubaba Ahmad Hariyanto mengatakan, SIAK terpusat merupakan sebuah inovasi Dirjen Dukcapil Kemendagri dalam Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) yang akan semakin memudahkan masyarakat dalam mengurus segala administrasi kependudukan.

“SIAK terpusat mulai diberlakukan di seluruh kabupaten/kota di Lampung pada awal Maret. Sebelumnya kita menggunakan sistem SIAK terdistribusi artinya ketika kita melakukan entri data Adminduk warga data ini mampir dulu ke server daerah baru ke pusat. Nah, dengan pemberlakukan SIAK terpusat semua entri data langsung masuk server pemerintah pusat, jadi pelayanannya bisa lebih cepat dan terintegrasi,” kata dia, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (23/3/2022).

Menurutnya, inovasi SIAK terpusat dilakukan Dirjen Dukcapil dalam rangka menuju layanan Adminduk Digital dalam Genggaman, artinya, nanti semua identitas masyarakat bisa diakses melalui handphone android maupun gadget masing masing seperti digital ID, termasuk masyarakat bisa menandatangani Adminduk secara elektronik, dan mendownloadnya.

“Adminduk masyarakat terintegrasi dengan pemerintah pusat dan daerah, dengan demikian masyarakat dapat mengakses, mengurus dokumen Adminduk di manapun dan kapanpun, artinya ketika warga sedang berada di daerah lain nantinya tidak perlu pulang terlebih dahulu untuk mengurusnya, karena tinggal mengakses melalui Gadgetnya. Dan ini terus berproses,” ulasnya.

Dengan pemberlakukan migrasi sistem tersebut, lanjut dia, Disdukcapil Tubaba tidak menemui kendala yang berarti, pihaknya terus melakukan inovasi pelayanan, meningkatan kapasitas SDM, dan berupaya memenuhi fasilitas kerja yang dibutuhkan.

“Kalau pelayanan Adminduk masyarakat yang datang tidak ada kendala semua terlayani dengan baik bahkan bisa lebih cepat, hanya saja ketika ada daerah lain yang melakukan migrasi, server pusat akan dimatikan terlebih dahulu, ya kita harus sabar pasti pelayanan terhambat. Dan kendala lain masih ada beberapa perangkat yang harus diupgrade karena sudah lemot dan berumur,” Tutupnya.

Laporan: Dra/Am

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.