Makam Syekh Maulana Syamsuddin Kembali Dibuka, Peziarah Diminta Patuhi Protokol Kesehatan

249 views

Pemalang, Medianasional.id – Semenjak ditutup empat bulan yang lalu, Makam Syekh Maulana Syamsuddin Kelurahan Sugihwaras Kec.Pemalang Kab.Pemalang kini dibuka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan himbauan dari pemerintah karena masih dalam pandemi covid-19. Makam Syekh Maulana Syamsuddin yang terletak masih dalam lokasi kawasan wisata pantai widuri pemalang ini dibuka 24 jam.

Untuk juru kunci dari Makam Syekh Maulana Syamsuddin ini selalu diadakan pergantian setiap tahunnya. Pada tahun 2020 ini, Sonani sebagai juru kuncinya yang terpilih selama dua periode dari tahun 2019 dan tahun 2020 ini.

Juru kunci diwakili oleh Supoyo selaku penjaga air sumur kramat yang berada di dalam kawasan makam menjelaskan kepada wartawan Media Nasional, “Semenjak dibuka kembali bulan Juli kemarin, pengunjung ziaroh masih sepi mas, karena kemarin – kemarin sempat tutup selama empat bulan semenjak ada virus covid-19. Kami saja para petugas makam yang biasa digaji Rp.1.500.000,-(Satu Juta Lima Ratus Ribu Rupiah), semenjak dibuka kembali sementara kami digaji Rp.750.000,-(Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah)”, jelas Supoyo.

Saat wartawan Media Nasional melakukan liputan, terlihat beberapa pengunjung ziaroh hanya dari beberapa daerah dan rombongan tidak begitu banyak. Para pengunjung luar kota yang datang diantaranya dari Cirebon, Brebes dan Pekalongan.

Sebelum adanya virus covid-19, para pengunjung luar kota biasanya banyak berdatangan dari luar provinsi diantaranya dari Jawa Barat, Jawa Timur dan masih masih banyak lagi daerah-daerah luar kota lainnya.

Supoyo saat diwawancarai kembali menjelaskan, “Alhamdulillah mas, walaupun selama tutup empat bulan, kami tetap mendapatkan bulanan sebesar Rp.500.000,-(Lima Ratus Ribu Rupiah) dan rencana mulai bulan depan akan dinaikkan bulanannya yang tadinya Rp.750.000,- menjadi Rp.1.000.000,-(Satu Juta Rupiah). Semoga bulan depan bisa terwujud mas. Aminnnnnnn”, harapnya.

Dampak dari adanya virus covid-19 terasa sampai segala lapisan masyarakat, salah satunya para pengurus dan para penjaga Makam Syekh Maulana Syamsuddin Sugihwaras Pemalang ini. Begitu juga para pedagang yang berada di sekitaran Makam Syekh Maulana Syamsuddin. Semoga virus covid-19 ini secepatnya sirna dari bumi pertiwi tercinta kita ini sehingga roda perekonomian masyarakat dan negara kita ini berangsur pulih kembali seperti semula.
(CATUR)

DomaiNesia

Pemalang

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.