Kapolsek Kuanteng Bersama Kades Jake dan Kades Marsawa Kembali laksanakan Pantauan Lokasi Rawan PETI

147 views

Kuantan Singingi, medianasional.id – Aktifitas PETI di Kab. Kuansing selalu menjadi perhatian aparat Polres Kuansing. Sudah banyak dilaksanakan penanganan aktifitas PETI, baik secara preemtif, preventif, serta represif selama tahun 2020 ini oleh jajaran Polres Kuansing. Berbagai upaya preemtif selalu dilaksanakan oleh personel Polres Kuansing dan jajarannya dengan lini depan adalah para Bhabinkamtibmas. Penyebaran Maklumat Kapolres Kuansing tanggal 30 Oktober 2019 tentang Penghentian Aktifitas Emas Tanpa Izin (PETI), selalu disebarkan kepada masyarakat. Guna mengajak kesadaran hukum masyarakat untuk mencegah aktifitas PETI.

 

Kemudian upaya preventif secara berkelanjutan juga dilaksanakan dengan melaksanakan patroli ke daerah rawan terjadinya PETI, bersinergi dengan unsur tiga pilar. Selain itu, tindakan tegas melalui tindakan represif dengan memproses hukum pelaku PETI juga sudah beberapa kali dilaksanakan, agar menimbulkan efek jera bagi yang lain.

 

Selanjutnya guna memastikan kembali tidak adanya aktifitas PETI, aparat Polsek Kuantan Tengah bersama Kades Marsawa, pada hari Sabtu tanggal 8 Agustus 2020 kembali turun bersama ke lokasi rawan terjadinya PETI.

 

“Alhamdulillah, berkat meningkatnya kesadaran masyarakat untuk tidak melakukan aktifitas PETI, pengecekan yang kami laksanakan hari ini nihil aktifitas PETI,” jelas Kapolsek Kuanteng, Kompol. Taufik Suardi, S.H.

 

Lebih lanjut ditambahkan Kapolsek Kuantan Tengah, beberapa waktu lalu kami bersama Dinas LHK, Polhut Penyelia Balai Besar KSDA Riau, juga telah mengecek langsung ke lokasi adanya temuan buaya mati yang mengapung di Bendungan WK. Pihak KSDA yang saat itu memeriksa kondisi buaya yang mati menjelaskan, diduga kematian buaya tersebut secara alami secara kasat mata tidak ada tanda – tanda kekerasan atau keracunan di sekujur tubuh hewan liar tersebut.

 

Sementara itu, tidak bosan – bosannya kami selalu menghimbau kepada masyarakat, agar tidak melakukan aktifitas PETI. Tentunya himbauan kami tersebut perlu didukung oleh seluruh lapisan masyarakat,” ungkap Kapolsek Kuantan Tengah.

 

Pada kesempatan yang sama, Kades Marsawa, Muchtar juga menyampaikan terima kasih kepada Kapolres Kuansing beserta Jajarannya sampai dengan petugas Polri lini terdepan yakni Bhabinkamtibmas yang telah sinergis bersama unsur Desa melaksanakan upaya pencegahan PETI secara berkelanjutan.

 

“Kami akan terus mendukung Polri untuk bersama – sama menghentikan Aktifitas Emas Tanpa Izin (PETI) ini,” tukas Muchtar.

 

Sumber : Kapolsek Singingi.

Editor : Robinson Tambunan. 

 

DomaiNesia

Kuantan Singingi

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.