Kadis Dikbud Aceh Tenggara Bersemangat Menyabut Program IGI Aceh tentang TOT

214 views

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Tenggara Bakri Saputra, S.Pd.,MSi

Aceh Tenggara, medianasional.id – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Tenggara Bakri Saputra, S.Pd.,M.Si bersemangat menindaklanjuti audiensi Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Wilayah Aceh, Drs. Imran beberapa minggu yang lalu di Ruang Kantor Kadisdikbud Agara, melihat isi dan hasil yang akan dicapai dari TOT (training Of trainer) sangat berkaitan erat dengan gerakan literasi siswa yang sudah diterapkan Kadisdikbud semenjak tahun 2018 lalu. Terlihat kesinambungan yang nyata dengan program IGI tentang TOT, hingga Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Mengundang Para Kepala Sekolah SD negeri dan swasta untuk berhadir dalam acara sosialisasi dan diskusi mengenai TOT tersebut, Hal itu dilakukan Bakri untuk menyampaikan rencana IGI melaksanakan program training of trainer (ToT) literasi produktif bagi guru SD se-Aceh Tenggara.

Pertemuan dengan kepala SD se-Aceh Tenggara dilakukan pada Kamis (5/11) di Gedung Guru (P3G) Kecamatan Babussalam Kabupaten Aceh Tenggara. Saat pertemuan, Kadisdikbud didampingi Kabid Pembinaan SD, Hasan Ansari, S.Pd dan Kabid Pembinaan GTK, Kasi PTK Dikdas Abd.Gani beserta para staf Bidang GTK. Kepala Sekolah Dasar yang hadir diperkirakan 90% dari jumlah Sekolah Dasar yang ada di Aceh Tenggara atau sebanyak 145 orang Kepala sekolah.

Kadisdikbud Agara, Bakri Saputra, menegaskan bahwa pertemuan tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut program ToT literasi produktif bagi guru SD yang ditawarkan IGI Aceh, yang dipandang sangat penting untuk di tindak lanjuti karena dengan program TOT ini bisa manambah Wawasan guru serta meningkatkan Kompetensi guru dalam mengajar.

“Antusias Para kepala sekolah Dasar sangat tinggi menerima program IGI Wilayah Aceh ini, dan mereka ber keinginan program tersebut akan dilakukan berkesinambungan serta Organisasi IGI juga dibentuk di wilayah Aceh Tenggara. Dalam rapat ini disepakati bahwa setiap sekolah akan mengirimkan minimal 1 (satu) guru untuk mengikuti ToT literasi produktif, dengan tidak membebankan biaya kepada guru tersebut dan guru yang ditunjuk ini harus menguasai IT, karena kegiatan TOT itu nantinya dilakukan secara Zum meeting, pelatihan/bimtek dengan cara zoom meeting ini sangat cocok dengan Situasi Pandemi Covid-19 ini”, ujar Bakri.

Bentuk antusias kepala sekolah terhadap program yang ditawarkan IGI Wilayah Aceh tentang TOT ini, terlihat saat para kepsek bertanya tanya mengenai cara mendaftarkan para gurunya, dan mereka menyatakan akan mendaftarkan gurunya mulai hari Jumat (6/11/2020).

“Proses pendaftaran guru tersebut akan di pantau oleh Kepala Dinas melalui Bidang Pembinaan GTK dengan mekanisme, bahwa Setiap guru yang sudah di daftarkan harus membuat tembusan biodata ke Bidang Pembinaan GTK Disdikbud Agara, melalui WA Pribadinya (Staf Bidang GTK Dasrul Muliya Amin),” ungkap Bakri.

Harapan Kadis Dikbud Agara Bakri Saputra SPd.MSI, “dengan terbentuknya IGI Aceh Tenggara, akan mampu bergerak dalam upaya meningkatkan kompetensi guru dan menjadi wadah berbagi ilmu diantara guru Sekolah Dasar di Tanoh Alas, Aceh Tenggara yang sepakat segenep ini,” tegas Bakri.

Reporter: Mr.At

DomaiNesia

Aceh Tenggara

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.