DKR Baturraden Menggelar Pelatihan Jurnalistik

151 views

Foto : Unit Jurnalistik DKR BaturradeBanyumas, medianasional.id – Dewan Kerja Ranting (DKR) Baturraden menggelar Pelatihan Jurnalistik Sabtu (26/12/2020) di Aula Kartini Korwilcam Baturraden. Kegiatan dibuka oleh Waka Bina Muda Kwarran Baturraden Syamsul Ma’arif S.Pd dan diikuti oleh belasan peserta yang berasal dari utusan unit jurnalistik, unit bantu Pramuka Yudisthira (Ubara), Pasukan Tunas Muda (PTM) dan unsur dewan kerja. Turut hadir dalam pembukaan Andalan Ranting urusan dewan kerja Desi Permatasari, S.Pd

Ketua sangga kerja atau panitia Ika Nikmatul Nur Azizah menyatakan bahwa kegiatan bertujuan untuk meningkatkan skil kemampuan masing-masing unit dalam bidang jurnalistik agar dapat mempublikasikan kegiatan yang dilaksanakan dan menjadi jurnalis yang profesional nantinya.

“Selain itu juga untuk mengurangi berita hoax, dengan berita positif tentang kegiatan kepramukaan,” kata Ika.

Pada pelatihan ini menghadirkan narasumber dari Bidang Hunas Kwarcab Banyumas Parsito. Sekretaris Bidang Humas tersebut menyampaikan teknik menulis berita. Menurutnya berita yang baik harus memenuhi unsur berita yang sering sekali disebut 5W 1H. Dengan memahami dan mendapatkan unsur-unsur tersebut seorang penulis akan mudah untuk menulis berita.

“Jadi saat melakukan wawancara unsur-unsur tersebut harus ditanyakan kepada narasumber. Yang perlu diingat bahwa penulis berita, tidak boleh beropini sendiri, hanya menulis berdasarkan pernyataan dari narasumber,” jelasnya.

Parsito menambahkan agar berita lebih menarik harus disertai foto yang menarik. Menurutnya saat ini penulis berita juga harus bisa mengambil gambar yang baik berupa foto atau video.

“Sehingga penulis akan lebih baik jika menguasai teknik pengambilan gambar,” tambahnya.

Mengingat masih pandemi, dalam pelatihan ini menerapkan protokol kesehatan seperti cuci tangan, cek suhu, dan jaga jarak antar peserta.

Penulis : Adeliya

Banyumas

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.