Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Lakukan Workshop Pendampingan Pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi

203 views

Gorontalo, Medianasional.id – Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo dalam mempersiapkan SDM dalam bidang pariwisata telah melakukan Workshop pendampingan dan pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).

Lembaga Sertifikasi Profesi atau yang disingkat LSP adalah Lembaga yang memiliki kewenangan melakukan proses Sertifikasi Profesi yang didirikan oleh industri atau organisasi guna melakukan sertifikasi atas kompetensi seseorang agar dapat dipastikan dan terpelihara kompetensi yang telah dicapainya.

Pelaksanaan kegiatan Workshop pendampingan dan pembentukan LSP serta sinergitas antara kelembagaan pariwisata untuk menciptakan kerjasama yang baik dalam mewujudkan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan.

Workshop ini dihadiri oleh Assosiasi Pariwisata, Akademisi dan Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo yang dilaksanakan di The Marissa Meeting Room Kota Gorontalo, Kamis (25/03/21).

Dalam arahannya Kadis Pariwisata Provinsi Gorontalo Rifli M. Katili, AP. S. Sos, diskusi kita hari ini adalah dalam rangka persiapan pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), berbicara tentang LSP nanti akan dijelaskan oleh pihak akademisi juga selaku Ketua LSP UNG.

Lanjut Kadis Pariwisata LSP UNG ini adalah satu-satunya LSP yang ada diprovinsi gorontalo oleh karena itu kami dari Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo merasa perlu untuk memfasilitasi dan mendorong terbentuknya LSP pariwisata gorontalo karena hal ini yang pertama, tentunya ini merupakan suatu kebutuhan baik pencari kerja, karyawan dan perusahaan yang memperkerjakan tenaga kerja.

“Pada bulan Pebruari 2021 kemarin kami bertemu dengan bapak Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bapak Sandiaga Unu dan Deputi Kelembagaan dan SDM Bapak Wisnu beliau menyampaikan bahwa pelaksanaan sertifikasi profesi untuk tenaga pariwisata itu hanya dilakukan oleh LSP di luar gorontalo,” kata Refli.

Dikementrian banyak kegiatan yang terkaid dengan LSP dan yang melaksanakannya itu adalah LSP yang sudah terbentuk tentunya kalau di gorontalo sudah terbentuk untuk LSP jadi untuk kegiatannya bisah dilaksanakan oleh LSP gorontalo sesuai dengan kebutuhan daerah masing- masing.

“Oleh karena itu menjadi pekerjaan rumah buat kita bersama agar terbentuknya LSP ini, kami dari pemerintah sebagai regulator dan fasilitator di ferum ini, bagaimana kita berdiskusi, berbagi informasi, sering pendapat menuju terbentuknya LSP gorontalo,” jelas Kadis.

Kehadiran kita disini bersama rekan-rekan assosiasi, akademisi dan kami Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, bagaimana kita mempersiapkan terbentuknya LSP dan kami mewakili pemerintah bisa membantu memfasilitasi mendorong agar terbentuknya lembaga sertifikasi profesi pariwisata provinsi Gorontalo.

“Itu tujuan dan maksud kita menyelenggarakan workshop dan selanjutnya mungkin dalam diskusi ini kita akan membagi pengalaman dan informasi tentang tata cara pembentukan LSP dan semoga kita yang hadir disini akan masuk dalam kepengurusan LSP provinsi gorontalo,” tutup Rifli Katili.

Reporter : RH

Gorontalo

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.