2020 Pemkab Tubaba Berencana Membangun Kereta Api Wisata Sepanjang 6 Km

Tubaba, Medianasional.id – Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat dalam waktu dekat akan segera Membangun Jalur Kereta Api wisata sepanjang 6Km. Hal itu dipastikan setelah mendapat Respon dari Direktur Jenderal Perkeretaapian Ir. Zulfikri.,MSc.,DEA beserta Sekretaris Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulmafendi, SE, M.Sc.

Marwan,SE. Kepala Dinas Perhubungan mengatakan Pemerintah Kabupaten Tubaba dalam waktu dekat akan segera membangun jalur Kereta api wisata, hal itu dikatakan setelah Pemkab Audensi dengan Direktur Jenderal Perkeretaapian.

“Ya, kita kemarin (Jum’at) Tim Pemkab Tubaba yang langsung dipimpin Bupati Tubaba telah beraudiensi ke Direktorat jenderal Perkeretaapian Kementrian Perhubungan guna membahas rencana pembangunan jalur kereta api wisata,” jelas Marwan saat dihubungi melalui telepon selulernya. Sabtu (29/6).

Adapun rencana pembanguna jalur kereta api tersebut, masih kata Marwan, akan di mulai dari Kawasan komplek Islamic Center, Kelurahan Panaragan jaya, Kecamatan Tulangbawang Tengah sampai dengan Tiyuh Kagungan Ratu. yang mana jalur tersebut nantinya akan melintasi irigasi Pengairan dengan panjang 6 Km.

Adapun hasil pertemuan tersebut, dari pihak Direktur Jenderal Perkeretaapian memberikan masukan kepada Pemkab Tubaba dalam melakukan pembangunan jalur kereta api wisata nantinya tetap berpedoman kepada Undang Undang No. 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian.

Tambah Marwan nantinya sebelum melakukan konstruksi alangkah baiknya Pemkab Tubaba mempersiapkan beberapa study, diataranya Kelayakan, Study Penetapan Trase, Detail Engineering Design (DED) dan lainnya, jelas Marwan saat mengutip hasil audensi di ruang rapat Direktorat Jendral perkeretaapian, Jum’at (28/6).

Ditambahkan Marwan, apabila study tersebut telah selesai, maka selanjutnya tahapan yang akan dilakukan yaitu pengadaan Rel beserta Komponennya yang dalam hal ini akan dilakukan skema pelimpahan aset hibah dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Tubaba.

“Sedangkan untuk poin pembebasan lahan dan pembangunan konstruksi jalur Kereta api nantinya direncanakan akan dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Tubaba sendiri setelah menyelesaikan study dan telah rampung”, tutupnya. (Hadi)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.