Dinas Ketahanan Pangan Kab. Malang Adakan Pelatihan Pengembangan Pangan Lokal Tahun 2021 di Desa Bendosari

122 views

Kegiatan Pelatihan Pengembangan Pangan Lokal tahun 2021 di Desa Bendosari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang.

Malang, medianasional.id – Di awal tahun 2020 sampai tahun 2021 saat ini, pandemi COVID-19 masih melanda Indonesia sehingga mengganggu seluruh sektor dalam kehidupan masyarakat, termasuk salah satu yang paling strategis, yaitu ketahanan pangan.

Pada akhirnya, produksi dan distribusi pangan masyarakat ikut terganggu akibat pandemi covid-19 ini.

Oleh karena itu, Pemerintah daerah mempunyai peran yang signifikan dalam menjaga ketahanan pangan di masa pandemi melalui berbagai strategi seperti mendorong pemanfaatan lahan, dan mencegah alih fungsi lahan produktif.

Kegiatan survei lokasai KRPL yang dilakukan oleh Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Malang.

Mengatasi hal tersebut, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Malang melaksanakan kegiatan Pelatihan Pengembangan Pangan Lokal  di Desa Bendosari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Senin (22/02/2021).

Kegiatan di Kantor Desa Bendosari tersebut dumulai pukul 09.00 wib, dimana pelatihan Pengembangan Pangan Lokal ini utamanya berasal dari komoditas lokal dari Desa, seperti polo pendem, sayur, dan buah.

Kepala Desa Bendosari, Sri Hari Kartini S,E saat ditemui dikantor desa oleh tim media menyampaikan, “Kegiatan dari Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Malang ini mengadakan pelatihan pembuatan olah mie yang pewarnanya diambil dari bahan alami, seperti buah atau sayur dan pelatihan membuat selai dari bahan dasar kopi,” terangnya.

“Pelatihan seperti ini memang sangat diperlukan, apalagi di tengah pandemi covid-19. Pengajuan kami juga sudah ditindaklanjuti pada tahun ini untuk KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari), dan Alhamdulillah sudah di lakukan survei lokasi,” lanjutnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kabid Ketahanan Pangan Kabupaten Malang, Ir. Diah Desianti Pustasari M.M.A dan narasumber Ir. Rini Windarti, dengan 20 peserta. Para peserta yang hadir pun diwajibkan mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan dengan menjaga jarak dan menggunakan masker.

Reporter : nrt

Editor : Sunarto

Malang

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.