Bupati Kukuhkan Anggota FORIKAN Kabupaten Bungo

130 views

Bungo, medianasional.id – Bupati Bungo H Mashuri SP ME kukuhkan Forum Peningkatan Konsumsi lkan (FORIKAN) Kabupaten Bungo yang dilaksanakan di gedung Dharmawanita, Kamis(22/08).

Pengukuhan berdasarkan dengan Surat Keputusan Bupati Bungo No. 334/Disnakkan Tahun 2018 tentang Peningkatan Konsumi lkan kabupaten Bungo

Tampak hadir dalam acara pengukuhan tersebut selain Bupati ada juga Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi, Ketua Forikan Provinsi Jambi, Kepala BPOM Provinsi Jambi Kepala Disnakkan Kabupaten Bungo, Kepala OPD di lingkup Pemeeinyah Kabupaten Bungo, Ketua TP PKK, Ketua GOW, Ketua DWP Kabupaten Bungo serta para tamu undangan lainnya.

Kadis Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bungo Ir Syaiful Azhar ME dalam sambutannya mengatakan bahwa hari ini bermacam perlombaan yang diantaranya lomba memasak dan pemenangnya nanti akan ikut sertakan pada lomba memasak tingkat Provinsi.

Disnakkan sengaja mengundang lima (5) tim Juri memasak dari Provinsi dan Kabupaten Bungo pada perlombaan yang telah ditentukan. Diantaranya ada berbagai macam masakan dari olahan ikan ini yang bisa menjadikan anak yang dulunya seleranya tidak suka makan ikan bisa menjadikannya sebagai menu favorit,” terang Syaiful Azhar.

Ditambahkan bahwa Kabupaten Bungo ini gemar konsumsi ikan nomor tiga terkecil di Provinsi Jambi di atas Merangin dan Sarolangun.

Mudah-mudahan dengan dilantiknya Forikan ini akan semakin mempercepat upaya kita dalam meningkatkan konsumsi gemar makan ikan di kabupaten Bungo ini,” tutup Syaiful Azhar.

Ketua Forikan Kabupaten Bungo, Hj Verawati Mashuri mengatakan
untuk kesejahteraan masyarakat serta masih terjadinya peristiwa rentan gizi buruk dan obesitas. Dalam hal ini peran sektor kelautan dan perikanan perlu terus mengoptimalkan untuk bisa menjadi pemecah masalah-masalah yang terjadi tersebut.

“Untuk kesejahteraan masyarakat serta masih terjadinya peristiwa rentan gizi buruk dan obesitas, dalam hal ini peran sektor kelautan dan perikanan perlu terus mengoptimalkan untuk bisa menjadi pemecah masalah-masalah yang terjadi tersebut,” katanya.

Sektor kelautan dan perikanan dalam pembangunan nasional secara menyeluruh pertumbuhan ekonomi kreatif berbasis kuliner berbahan baku ikan akan mendorong tumbuhnya industri terkait yang berdampak pada penyerapan tenaga kerja, peningkatan pendapatan daya beli masyarakat, termasuk juga peningkatan konsumsi ikan nasional,” tutupnya.

Sedangkan Bupati Bungo H Mashuri SP ME dalam sambutannya mengajak semua yang hadir tidak lupa untuk mengucapkan puji dan syukur kepada Allah agar selalu diberi petunjuk dan hidayah-Nya.

“Marilah kita ucapkan puji dan syukur kepada Allah SWT seraya memohon petunjuk semoga dilapangkan hati dan pikiran
kita untuk menemukan hidayah-Nya dan dapat mengikuti kegiatan Kampanye Gemar Makan Ikan yang dilaksakan oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bungo,” kata Mashuri.

Selamat datang dan terima kasih kepada Tim Kampanye Gemar Makan Provinsi Jambi yang telah berkenan hadir di bumi Langkah Serentak Limbai Seayun,” tambahnya.

Seperti kita ketahui bahwa GEMARIKAN (Gerakan Makan Ikan) secara resmi sudah menjadi Agenda Nasional sejak tahun 2004, dengan tujuan untuk memasyarakatkan dalam mengkonsumsi ikan sejak dini. Makanan ini dipercaya mampu memberikan kita hidup
yang lebih sehat dan cerdas,” tambahnya lagi.

Sebagaimana kita ketahui
Kabupaten Bungo memiliki perairan umum yang cukup luas, kurang lebih 6.907 ha yang terdiri dari perairan sungai, rawa, cekdam dan genangan air lainnya dan sebagian sudah kita manfaatkan untuk budidaya ikan baik itu di kolam maupun keramba jaring apung.

Seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk maka meningkat pula kebutuhan pangan khususnya dari sumber daya ikan serta timbul kesadaran akan pentingnya makanan bergizi khususnya yang bersumber dari hasil-hasil perikanan, dengan harga yang relatif dan terjangkau oleh masyarakat umumnya,” ujarnya.

Survey yang dilakukan oleh Susenas BPS menunjukkanbahwa tingkat Konsumsi Nasional Tahun 2018 sebesar 50 kg/kap/tahun, sedangkan di Kabupaten Bungo, tingkat konsumsi ikan masih di bawah rata-rata nasional yaitu baru 27kg/kap/tahun. Hal ini bisa jadi alat pemicu bagi kita untuk lebih membiasakan makan ikan dalam kehidupan sehari-hari terutama bagi anak-anak kita sehingga menjadi anak yang sehat, untuk lebih membiasakan makan ikan dalam kehidupan sehari-hari terutama bagi anak-anak kita sehingga menjadi anak yang sehat, cerdas dan kuat,” katanya.

Ayo kita hidupkan semboyan hidup ” MAKANLAH IKAN SETIAP HARI, TIADA HARI TANPA IKAN ” Dengan adanya Forum Peningkatan Konsumsi Ikan, diharapkan dapat berperan sebagai inspirator, kreator,
motivator, dan aktivator terhadap kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) untuk
meraih tujuan utama yaitu meningkatkan konsumsi ikan nasional untuk menciptakan generasi yang sehat dan cerdas. Salah satu upayanya adalah melalui Gemarikan, pelaksanaan program pembentukan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan),” tutup H Mashuri SP ME.

 

Usai pengukuhan Forikan dilanjutkan dengan peninjauan makanan dari hasil masakan peserta lomba dengan menu olahan ikan. (fa)

Bungo

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.