Bupati Bungo Dampingi Gubernur Jambi Berikan Bantuan JPS kepada Warga Bungo

207 views

Bungo, medianasional.id – Gubernur Jambi DR. Drs. H. Fachrori Umar, M. Hum didampingi Bupati Bungo H. Mashuri, SP, ME memberikan Bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) kepada masyarakat terdampak covid-19 di Kabupaten Bungo yang digelar di Lapangan Puspa Ragam Semagor Pasar Bawah Muara Bungo, Kamis (04/06).

Tampak hadir pada acara ini selain Gubernur Jambi juga ada para Pejabat dan OPD di lingkup Pemprov Jambi, Bupati Bungo H Mashuri, SP, ME, unsur Forkopimda Bungo, para kepala OPD dan Camat di Kabupaten Bungo serta para warga calon penerima JPS.

Dalam sambutannya Gubernur Jambi menyampaikan dengan semakin bertambahnya pasien covid-19 di Provinsi Jambi yang terpapar di hampir setiap Kabupaten/Kota yang ada di provinsi Jambi maka perlu perhatian yang sangat serius untuk menangani dan membantu masyarakat.

“Sebagaimana kita ketahui bersama saat ini kasus pasien positif covid-19 terus meningkat dengan ditemukannya indikasi penyebaran dari berbagai kelas yang mesti antisipasi bersama penularannya,” kata Fachrori.

Tentunya melihat kasus covid-19 yang semakin meningkat saat ini banyak upaya yang telah dilakukan pemerintah dalam percepatan penanggulangan wabah ini pemerintah telah melakukan kebijakan anggaran dalam alokasi bantuan bagi masyarakat yang terdampak diantaranya yaitu program keluarga harapan, kartu pra kerja, pembebasan biaya listrik subsidi dan lain sebagainya sejalan dengan itu juga Pemerintah Provinsi Jambi melakukan berbagai kebijakan dalam percepatan penanggulangan covid-19 ini dengan mengalokasikan anggaran dalam penyediaan bantuan kesehatan dan jaring pengaman sosial bagi masyarakat yang terdampak atau memiliki resiko sosial akibat covid-19 sebanyak Rp 300.000 dan sebesar Rp 600.000 rumah tangga yang tersebar di 11 kabupaten/kota dalam provinsi Jambi,” terangnya.

Bagaimana tindak lanjut dari instruksi instruksi menteri dalam negeri Republik Indonesia Nomor 01 tahun 2020 tentang pencegahan penyebaran dan percepatan penanganan corona virus covid-19 di lingkungan pemerintah daerah tentunya penyediaan bantuan jaring pengaman sosial ini juga menjadi salah satu bentuk kontribusi serta upaya pemerintah provinsi dalam membantu mengurangi beban Pemerintah kabupaten/kota.

Untuk itu diharapkan penyaluran jaring pengaman sosial ini dapat dilaksanakan sesuai prinsip 3 T yaitu tepat sasaran, tepat jumlah dan tepat waktu.

Yang jadi perhatian bahwa pemerintah provinsi telah melakukan kerjasama dengan pemerintah Kabupaten Bungo dalam menetapkan besaran alokasi keseluruhan calon bantuan GPS ini dapat disampaikan jumlah alokasi daftar calon penerima bantuan Kabupaten Bungo yaitu sebanyak 2036 rumah tangga dimana penetapan kriteria penerima bantuan telah dilaksanakan dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
1. Mempertimbangkan resiko terjadinya tumpang tindih dan penting dan ketidak tepat sasaran bansos baik itu yang bersumber dari APBN APBD Kabupaten swasta dan pihak lainnya.
2. Memperhitungkan rasio penduduk miskin tiga memperhitungkan sektor sektor lapangan usaha di setiap kabupaten dan kota secara langsung dan tidak langsung
3. Memperhitungkan dan melakukan promosi atas dampak perlambatan pertumbuhan ekonomi kabupaten/kota di provinsi Jambi.

Selama tahun 2020 Bapak Presiden begitu mendengar begitu kejadian-kejadian yang terjadi maka dari itulah mulai bulan Mei, Juni dan Juli selain itu juga penentuan daftar calon penerima bantuan GPS ini juga dilaksanakan sesuai dengan surat edaran KPK nomor 11 tahun 2020 tanggal 21 April 2020 tentang penggunaan data terpadu Kesejahteraan Sosial dan data non DPKS dalam pemberian bantuan sosial kepada masyarakat dan keputusan kepala daerah di masing-masing kabupaten/kota dalam provinsi Jambi.

Jumlah calon penerima bantuan jaring pengaman sosial yang ada di masing-masing kabupaten/kota khususnya di kabupaten Bungo dapat secara bertahap disalurkan kepada masyarakat dengan tetap berpegang teguh pada kebijakan sosial dan fisikal penting semoga melalui bantuan ini juga dapat membantu meringankan beban masyarakat provinsi Jambi yang terdampak saat ini terakhir saya mengimbau agar masyarakat di Kabupaten Bungo dapat membantu himbauan pemerintah untuk selalu hidup bersih dan sehat sesuai dengan standar dan kesehatan untuk mencegah penularan virus covid-19 yang lebih luas lagi semoga ini cepat segera berlalu dan dijauhkan dari bumi ini Indonesia ini,” tutupnya.

Bupati Bungo H Mashuri dalam sambutannya menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada Gubernur Provinsi dan rombongan atas kedatangannya ke Kabupaten Bungo dalam rangka penyerahan JPS kepada masyarakat yang terdampak covid-19 di Kabupaten Bungo.

Kemudian karena masih suasana bulan Syawal maka Bupati juga menyampaikan permohonan maaf dan lahir batin.

“Izinkanlah kami menyampaikan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah, Mohon maaf lahir dan batin mudah-mudahan amal ibadah kita sebulan penuh bulan suci Ramadhan diterima oleh Allah subhanahu wa ta’ala,” kata Bupati.

Sudah hampir 3 bulan kita rasakan dampak covid-19 di Indonesia ini, begitu juga kita rasakan di provinsi Jambi dan di Kabupaten Bungo mungkin rasa tersebut juga dirasakan oleh seluruh kabupaten kota dalam provinsi Jambi sehingga menyebabkan lumpuhnya sebagian aktivitas masyarakat kita. Dan untuk ke depan pemerintah telah menetapkan normal atau tatanan baru yaitu tertanam kebiasaan dan perilaku yang baru berbasis pada adaptasi untuk membudayakan hidup bersih dan sehat serta tetap produktif di tengah covid-19 ini dan juga kami pada kesempatan ini dapat kami laporkan kepada Bapak Gubernur pada hari ini yang terpapar covid-19 di Kabupaten Bungo sebanyak 4 orang 2 orang sudah dinyatakan sembuh dan 2 orang masih kita rawat kami berdoa bersama agar menang di Kabupaten Bungo ini tidak ada penambahan lagi yang terpapar covid-19 ini dan kita juga berdoa agar yang dua orang juga segera sembuh dan bisa kembali kepada keluarga mereka bisa beraktivitas menjalankan aktivitasnya,” terang Bupati.

Sebagaimana biasa yang kedua kami sampaikan ucapan penghargaan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Bapak gubernur Jambi melalui pemerintah Provinsi Jambi kami telah dialokasikan sebanyak 2000 lebih kurang penerima jaring pengaman sosial untuk itu pada kesempatan ini Bapak gubernur secara langsung menyampaikan kepada masyarakat yang menerima manfaat yang mendapat jaring pengaman sosial dari Provinsi Jambi ini.

Dan kami juga terima kasih atas kunjungan gubernur langsung turut memastikan bahwa jaringan pengaman sosial ini betul-betul sampai kepada warga masyarakat kami dan ini bisa dimanfaatkan baiknya bagi warga masyarakat kami Dan ini juga sangat membantu masyarakat kami yang selama ini mungkin sebagian dibatasi geraknya corona virus covid- 19 ini,” tutup Bupati Bungo.

Acara dilanjutkan dengan pemberian bantuan kepada warga penerima JPS Kabupaten Bungo. (fa)

DomaiNesia

Bungo

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.