Water.org, Apresiasi dan Berikan Penghargaan Kepada PDAM Batang

280 views

Jakarta, medianasional.id Water.org adalah organisasi bantuan pembangunan nirlaba Amerika Serikat yang merupakan hasil merger antara H2O Africa Foundation, yang didirikan oleh Matt Damon dan WaterPartners, yang didirikan oleh Gary White.

Water.org didirikan bertujuan untuk memberikan bantuan kepada daerah di negara – negara berkembang termasuk Indonesia yang belum memiliki air minum yang aman, bersih dan juga permasalahan sanitasi.

Water.org adalah lembaga nirlaba internasional yang berfokus pada akses air dan sanitasi asal Amerika Serikat menilai bahwa program water connection PDAM Kabupaten Batang masuk dalam kategori terbaik untuk tingkat nasional.

Ada 4 Kabupaten di wilayah Provinsi Jawa Tengah yang mendapat penganugerahan sebagai mitra water.org terbaik yakni PDAM Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal, Kabupaten Jepara dan Kabupaten Boyolali.

Tidak hanya Wihaji selaku Bupati Batang, Direkur PDAM Batang pun tak luput mendapatkan penghargaan kategori inovasi alternatif pembiayaan rumah tangga dan pengembangan PDAM. Penghargaan tersebut diterima langsung Bupati Batang Wihaji dan Direktur PDAM Yulianto, SH yang diserahkan oleh Direktur Operasional Water.org Don Johnston di Pullman Hotel Jakarta, Selasa (14/1/2020).

Dalam kesempatan tersebut Bupati Wihaji menuturkan, bahwa Penghargaan ini merupakan instrumen penyemangat PDAM Kabupaten Batang untuk selalu meningkatkan kinerjanya, kerjasama dan komitmen dalam keberlangsungan pengelolaan air sebagai hak kebutuhan dasar masyarakat untuk memastikan mendapatkan air bersih dan sanitasi,serta selalu memperhatikan pelayanan kepada konsumen.

Ia juga mengatakan, usai mendapatkan penghargaan
Sebagai pelayanan publik kita dituntut untuk meningkatkan kapasitas manajemen yang efektif dan pelayanan yang prima, seperti, manajemen SDM, keuangan, logistik, pengelolaan lingkungan dan manajemen pelayanan agar masyarakat bisa mendapatkan air bersih dan sanitsi dengan biaya terjangkau dan rendah.

“Sebagai badan usaha saya pastikan PDAM bisa melayani kebutuhan air bersih masyarakat yang tentunya tidak boleh rugi, oleh karena itu kerjasama dengan water.org bagian dari ikhtiar kita memberikan pelayanan kepada masyarakat berpenghasilan rendah untuk mendapatkan akses air bersih dengan biaya murah,,” Beber Wihaji.

Direktur PDAM Kabupaten Batang Yulianto, SH mengatakan, sesuai dengan data dari hasil penilaian SPAM Batang pada 4 tahun berturut – turut mampu mempertahankan sebagai pengelolaan PDAM dengan kinerja baik.

“Dengan dasar itulah, alhamdulillah kita mendapatkan apresiasi dari water.org Amerika Serikat PDAM Batang dinilai terbaik pertama se Jawa Tengah kinerja sebagai BUMD dengan penyelenggara SPAM dan juga terbaik ke 8 se Indonesia,” Ungkap Direktur PDAM Batang Yulianto,SH.

Dalam kesempatan tersebut Direktur Operasional Water.org Don Johnston mangatakan, bahwa apresiasi ini diberikan kepada PDAM Batang yang merupakan salah satu mitra daripada water.org.

“Hasil kerjasama adalah sukses stori membantu masyarakat dalam mendapatkan akses kebutuhan air bersih dan sanitasi,” kata Don Johnston

Akses air bersih dan sanitasi adalah kunci rumah tangga keluar dari kemiskinan, kunci mendapatkan kesehatan dan kesejahteraan.

“Water.org punya harapan tinggi kepada PDAM dan Kepala Daerah untuk menjadi pilot projek daerah lain dalam melayani kebutuhan masyarakat yang berpendapatan rendah bisa dengan mudah mendapatkan air bersih” Ungkapnya.

Reporter : Puji_L

DomaiNesia
Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.