UPT Puskesmas Suaran Laksanakan Musyawarah Masyarakat Desa

594 views

Berau, medianasional.id – Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna, jln Raja Diwa Tinyu, Desa Suaran, Kecamatan Sambaliung, Kabupaten Berau Kaltim. (27/02/2020)

Acara MMD dipimpin langsung oleh Kepala Puskesmas Suaran Rahmawati, A.Md.Kep.

Acara tersebut dihadiri oleh Perangkat Desa dan staf, ketua RT 01/ 06, BPD, LSM, BPK, Ibu-ibu PKK, kader, tokoh Agama, tokoh Masyarakat, serta hadir dari perwakilan pihak Perusahaan PT.Tanjung Redeb Hutani (TRH) PT.Berau Coal, PT BUMA dan subkontraktor lainnya yang ada di Site Binungan Suaran (Binsua) wilayah suaran.

Acara dibuka oleh Kepala Desa Suaran Arif Sugiarto. Kades Arif Sugiarto mengucapkan terima kasih kepada seluruh hadirin atas keterlibatannya untuk hadir di acara Musyawarah Masyarakat Desa (MMD).

Dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya (Dirigen Maria Kartini). Doa dipimpin oleh Sulaiman. Dan sambutan oleh Ketua Desa Siaga Aktif Mahmud Izza, S.Pd

Dilanjutkan sambutan dari Kepala UPT Puskesmas Suaran Rahmawati. Dalam sambutannya Rahmawati menyampaikan Survey Mawas Diri (SMD) dan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) merupakan suatu upaya bersama yang dilakukan oleh Puskesmas dengan melibatkan peran serta masyarakat untuk bersama-sama mengidentifikasi permasalahan kesehatan di masyarakat, dan menggali potensi-potensi yang dimiliki untuk memecahkan permasalahan tersebut.

Lanjut Rahmawati menjelaskan, “Sekarang untuk Pemerintah Kabupaten Berau bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kab.Berau telah di Prioritaskan Kegiatan Kabupaten Sehat dan Pencegahan Stunting. Kegiatan itu merupakan PR bagi kampung, agar Desa kita menjadi desa sehat, dari Desa sehat akan menjadi Kabupaten Sehat. Kabupaten Berau termasuk salah satu daerah dengan tingkat pembangunan yang baik, di sektor kesehatan,” paparnya.

“Berau mendapat penghargaan Kabupaten Sehat dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Sekretaris Kabupaten (Sekkab) M Gazali mewakili Bupati Berau, Muharram, menerima penghargaan di Jakarta, 2019 lalu,” imbuhnya.

Rahmawati mengajak Masyarakat bersepakat untuk menanggulangi masalah kesehatan melalui pelaksanaan, menyusun rencana kerja untuk menanggulangi masalah kesehatan, kegiatannya di desa siaga.

Acara dilanjut dengan Perumusan dan penentuan prioritas masalah kesehatan atas dasar pengenalan masalah kesehatan dan hasil SMD dilanjutkan dengan rekomendasi teknis dari petugas kesehatan UPT Puskesmas Suaran Paparan oleh Bidan Yenny Gustia, A.Md.Keb. Dilanjutkan acara GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). Senam Germas UPT Puskesmas Suaran.

Germas adalah suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Acara diakhiri do’a penutup dan dilanjutkan Foto Bersama.

(SAVER )

DomaiNesia

Berau

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.