Tutorial Web yang Menyenangkan

165 views

Oleh : Supardi Tutor Makul Pembelajaran PKn di SD dan Pendidikan Kewarganegaraan UPBJJ UT SEMARANG

Tak dikira Pandemi Covid-19 melanda. Tutorial tatap muka berubah menjadi tutorial web. Perubahan ini membawa konsekuensi untuk tutor dan mahasiswa selalu belajar hal baru.
Hal tersebut senada pendapat John Swift terjemahan bebasnya bahwa strategi belajar hari kemarin belum tentu cocok diterapkan mengatasi permasalahan hari ini.

Bertumpu pendapat tersebut, beberapa pengalaman selama belajar TUWEB bersama mahasiswa adalah sebagai berikut; dilihat dari sisi tutor pertama; mempelajari pedoman tutorial web, kedua mengikuti pelatihan tutorial web dan ketiga merancang perencanaan SAT dan RAT yang lebih mengedepankan komunikasi yang intensif pembelajaran   jarak jauh,  serta keempat memotivasi dan menyusun pedoman tutorial web bagi mahasiswa.

Dilihat dari sisi pengalaman membimbing mahasiswa, pertama beberapa kesulitan akses internet, solusinya dibantu untuk mengakses titik poin di sekitar tempat tinggal, kedua perlunya mengoptimalkan penggunaan menu Microsoft team untuk pembelajaran ketiga mengkomunikasikan kesulitan beradaptasi mempelajari modul, ketiga, mengevaluasi tugas mahasiswa perlu kerja ekstra terkait orisinalitas karya dan daya beda.

Memang tidak mudah belajar hal baru. Semangat dan kebutuhan bersama untuk belajar menjadi kata kunci. Keterbatasan komunikasi perlu dijalin lewat optimalisasi penggunaan microsft team. Platform belajar yang perlu terus ditingkatkan.

edtr:aero

DomaiNesia

Artikel Kendal Mahasiswa online Opini Semarang tutorial UT webinor

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.