TNI Bersama Masyarakat Gotong Royong Bersihkan Timbunan Longsor

45 views

 

Wonosobo, medianasional.id – Akibat cuaca yang kurang bersahabat di musim penghujan tahun ini mengakibatkan adanya tanah longsor di beberapa daerah Wilayah Kabupaten Wonosobo. Babinsa beserta anggota Koramil 02 Watumalang bahu membahu bersama masyarakat melaksanakan kerja bakti membersihkan material longsoran dan membuat tembok penahan/pondasi di Gumawang Wadaslintang Wonosobo Jawa Tengah. Selasa (04/12).

Babinsa Koramil 02 Watumalang Peltu Nuryani, Sertu Budi, Serma Nimir tidak sendirian, di tengah tengah masyarakat terjun langsung ke areal lokasi longsor. Kegiatan kerja bakti ini adalah wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. Tentu saja dengan kehadiran anggota TNI membuat warga Desa Gumawang Wadaslintang Wonosobo semakin semangat dalam bekerja bakti.

Danramil 02 Watumalang Kapten Inf Bintarto membenarkan telah adanya bencana longsor di wilayahnya yaitu desa Gumawang. Danramil telah memerintahkan anggotanya bersama ikut serta dalam membantu menangani pembersihan puing-puing sisa longsoran tanah, yang menutupi bagian rumah milik Narsito rt 02 rw 01 yang senderannya jebol. Rumah Paryanto rt 02, rw 01yang tertimpa tebing senderan, dan PAUD nusa indah, rt 01 rw 01 yang tanahnya retak.

Kapten Inf Bintarto menambahkan Koramil 02 Watumalang terus berupaya bersinergi dengan pihak-pihak terkait dalam membantu menangani bencana alam yang terjadi wilayah Watumalang, seperti musibah tanah longsor kali ini Babinsa, Bhabinkamtibmas, relawan dan masyarakat bahu membahu membersihkan material longsor di dusun tersebut.

Komandan Kodim 0707 Wonosobo Letkol Czi Fauzan Fadli, S.E juga menghimbau kepada Danramil untuk memerintahkan Anggota Babinsanya agar rajin terjun ke wilayah dikarenakan wonosobo sekarang saat ini sedang dalam musim hujan dan rawan akan terjadinya bencana longsor agar selalu waspada dan lebih berhati-hati mengingat curah hujan akhir-akhir ini cukup tinggi yang bisa saja menimbulkan banjir atau longsor.

Dandim juga menambahkan, “dengan kerja bakti pula kita dapat mempererat tali persaudaraan dan hubungan antara TNI dengan rakyat semakin terjalin dengan baik. Semoga dengan adanya kegiatan ini, menumbuhkan motivasi masyarakat akan pentingnya gotong royong. Diharapkan rumah yang terkena longsor segera bersih dan dapat ditempati kembali,” ucapnya.

Sementara Narsito menyampaikan banyak terimakasih kepada Tentara yang bertugas di Koramil 02 Watumalang, telah membantu dalam pembenahan serta pengangkatan material tanah yang menimbun rumahnya.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, hanya bangunan kami yang rusak. Berkat kerja keras Babinsa bersama warga sekitar, rumah kami secara berangsur pulih dan lebih baik,” tambah Narsito.

“Semoga semangat gotongroyong masyarakat di Gumawang Kecamatan Watumalang Wonosobo selalu terjaga, ini menunjukkan kerukunan masyarakat Gumawang sangat baik,” pungkasnya.

Reporter : Andika Bagus

Editor : Dian

Longsor Wonosobo

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.