Tadzabur Alam Madrasah Diniyah Awaliyah An-Ni’Mah ke Pantai Widuri

223 views

Pemalang, Medianasional.id – Pengenalan Alam sekitar kepada para santriwan dan santriwati sangat perlu dilakukan. Hal itu bertujuan agar para santriwan dan santriwati mengenali alam ciptaan Allah SWT yang begitu luas dan begitu indah. Kegiatan tersebut lebih dikenal dengan istilah Tadzabur Alam (Pengenalan Alam).

Sama halnya yang dilakukan oleh para pengurus dan pengajar beserta santriwan santriwatinya Madrasah Diniyah Awaliyah An-Ni’Mah yang terletak di dusun Cokrah Kelurahan Mulyoharjo Kec. Pemalang Kab. Pemalang pada Minggu (13/09/2020).

Mereka mengadakan Tadzabur Alam dengan berwisata bersama-sama ke pesisir pantai widuri menggunakan transportasi yang unik kereta odong-odong.

Mereka berwisata alam ke pesisir pantai widuri bertujuan memberikan pembelajaran tentang alam khususnya di pesisir pantai widuri pemalang. Selain itu juga untuk menjelaskan nikmat mana lagi yang harus kita dustakan dengan apa yang telah Allah SWT ciptakan untuk manusia di muka bumi ini.

Seperti apa yang telah disampaikan oleh Ustadz Udin di sela-sela kegiatan tersebut, “Tadzabur Alam itu untuk pengenalan alam, tadi anak-anak dengan dibimbing ustadz-ustadznya diajak berkeliling dengan berjalan kaki di sekitaran pesisir Pantai Widuri untuk mengenalkan alam yang ada di sekitarnya. Sehingga anak-anak memahami dan menghargai serta mensyukuri atas apa yang telah ALLAH SWT ciptakan untuk manusia di muka bumi ini”, jelasnya.

Di samping itu, kegiatan tersebut adalah salah satu upaya belajar di alam terbuka agar anak-anak santriwan santriwatinya tidak stres karena sistem pembelajaran yang selalu dilaksanakan di dalam ruangan. Kegiatan seperti ini sering sekali dilakukan oleh pengurus madrasah karena hal ini dinilai sangat penting untuk perkembangan otak motoriknya anak-anak dan terjauhkan dari kata-kata stres ataupun bosan.

Anak-anak dengan didampingi pula oleh masing-masing orang tuanya sangat merasa senang dan bahagia sekali dengan diadakan kegiatan Tadzabur Alam ini. Mereka berharap sekali kegiatan-kegiatan semacam ini bisa selalu diselenggarakan agar anak-anak bisa refresing sejenak di tengah-tengah kegiatan belajar mengajar di madrasah. (CATUR)

DomaiNesia

Pemalang

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.