Sempat Tertunda Akibat Dampak Pandemi, Pemkab Agam Bangun Gedung Perpustakaan Daerah Tahun Ini

129 views

Agam, Medianasional.id – Pemerintah Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan (Arsip) Kabupaten Agam, M. Arsyid, di ruangan kerjanya, Senin (22/2/2021) mengatakan, bahwa pembangunan gedung perpustakaan itu dilakukan melalui DAK Perpustakaan Nasional, dengan jumlah anggaran Rp9,5 miliar.

Untuk pembangunan gedung perpustakaan daerah pada tahun ini, yang direncanakan tahun 2020 itu, sempat tertunda karena dampak pandemi Covid-19, dan ada refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19, maka pembangunannya jadi tertunda.

“Insyaallah, tahun ini pembangunan gedung perpustakaan bisa dilakukan sesuai standar yang ditetapkan nasional,” ujarnya.

Anggaran ini, katanya, hanya untuk pembangunan fisik, sedangkan kontruksi bangunan sama dengan gambar yang sudah direncanakan sebelumnya, dengan dua lantai dengan model letter L.

Hingga kini, terang M. Arsyid, tahapan sudah masuk pada proses pengumuman pemenang tender yang akan diumumkan dalam waktu dekat. Dan diharapkannya pertengahan Maret 2021 untuk pengerjaan sudah dapat dimulai, dengan pengerjaan selama delapan bulan.

“Pembangunan dilakukan di lokasi eks kantor Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Agam, rumah dinas Wakil Bupati Agam dan Sekdakab Agam,” ujarnya.

Mengingat gedung itu aset daerah, maka pembongkarannya dilakukan dengan sistem lelang oleh Badan Keuangan Daerah melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bukittinggi.

Ia mengharapkan, dengan akan dibangunnya gedung baru perpustakaan, nantinya pengunjung merasa nyaman dan betah untuk membaca di perpustakaan. Sehingga mampu meningkatkan minat baca masyarakat ke depannya.

(Enrix)

Agam

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.