Sederet Artis Ibukota Ucapkan Selamat Terbentuknya AJWI Bogor Raya

636 views

Bogor, Medianasional.id – Sekretaris Jenderal Aliansi Jurnalis Warga Indonesia (AJWI) Popi Rahim resmi menerima berkas calon pengurus DPK AJWI Bogor.

“Sekitar 50 lebih berkas pengurus Bogor kami terima hari ini,” kata Popi yang pernah menjadi wartawan Elshinta.com dan Obsessionnews.com ini.

Berkas Berita Acara Pembetukan (BAP) diserahkan oleh Ketua Terpilih Dewan Pengurus Kabupaten (DPK) Bogor, Nimrod Rungga,A
Md., S.Th Minggu (13/9/2020) di Kantor Pusat Operasional DPN, Depok.

Dalam acara tersebut, Popi juga didampingi oleh jajaran Dewan Pengurus Nasional (DPN) AJWI, Dewan Pembina Abdul Manan, Wakil Ketua Umum Bangun Alexandria, Ketua Harian Yusweri dan Wakil Bendahara Umum Yenerita, Sementara itu Nimbrod di dampingi Wakil Sekretaris Ajwi Bogor Raya Nurhadi dan Ketua Panitia Pelantikan A. Mubin.

Sesuai dengan berita acara pembentukan calon pengurus Aliansi Jurnalis Warga Indonesia (AJWI) Bogor Raya resmi dibentuk pada 20 Agustus 2020 di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat setelah di tanda tangani peserta Rapat sebanyak 20 Anggota Rapat Pembentukan Pembentukan pengurus melebihi kektentuan yang menjadi syarat, dalam AD/ART AJWI yaitu sekurang-kurangnya dihadiri 17 orang calon pengurus yang hadir dalam rapat.

Sementara Nimrod Rungga memaparkan antusias warga Bogor menyambut kehadiran organisasi masyarakat yang telah didirikan pada tahun 2012 lalu.

“Saya yakin dengan hadirnya AJWI di Bogor Raya diharapkan dapat berperan aktif menyelesaikan persoalan-persoalan masyarakat di akar rumput” kata pria yang juga berprofesi sebagai wartawan ini.

Menurutnya, dari anggota DPRD Bogor hingga wartawan, aktivist, ormas/Lsm dan warga ikut bergabung dalam wadah AJWI Bogor Raya sehingga dengan berkumpulnya masyarakat berbagai elemen dan profesi lewat organisasi AJWI Bogor raya adalah bagian dari upaya mempersatukan bangsa dan negara melalui jurnalisme Warga, karena itu peran aktif dari warga sebagai jurnalisme warga sangat diharapkan dapat memberi nilai positif bagi perkembangan teknologi informasi.

“Kami juga mendorong agar partisipasi masyarakat dari bawah dapat berkontribusi langsung memberikan informasi yang akurat, orisinil, sesuai fakta dilapangan melalui citizen jurnalisme warga dibawah media AJWI. Masyarakat bisa merilis berita dan menyampaikan berita-berita yang ada disekitarnya untuk diteruskan ke AJWI ” tambahnya.

Lebih lanjut nimrod berharap agar DPN AJWI mendorong DPR RI agar bisa menghasilkan produk Undang-undang Jurnalisme warga sehingga warga dapat memperoleh perlindungan disaat meliput kejadian atau berita disekitarnya, karena dengan adanya undany-undang jurnalisme warga, masyarakat tidak lagi dibatasi dan terjerat dengan undang-undang ITE karena pemberitaan yang di dengar dan di rasakan langsung oleh masyarakat bisa dijadikan bahan pemberitaan yang resmi melalui Ajwi sebagai produk jurnalis yang resmi.

“Kita sudah berkoordinasi dengan DPN AJWI agar bisa menyampaikan draf usulan ke DPR RI agar bisa menciptakan produk undang-undang jurnalisme warga, hal ini juga sangat didukung oleh Pembina AJWI Bogor Raya” harapnya

Kedepan Ajwi akan turun ke masyarakat melakukan pelatihan jurnalisme warga, ke dunia pendidikan, ke warga binaan lapas, dan lain-lain, mohon dukungan doanya.

Hingga berita ini dinturunkan, sudah ada tiga artis ibukota memberikan ucapan selamat atas terbentuknya AJWI Bogor Raya, seperti Naga Ex Vocalis Lyla band yg sekarang vokalis ada band, Angelica Simperler, Angel Elga, ini adalah sebuah suport dan semangat bagi pengurus AJWI agar kehadiran AJWI dapat memberi warna tersendiri, berintegritas dan bermanfaat bagi masyarakat.(NR/Tim AJWI Bogor Raya)

DomaiNesia
Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.