Safari Zuhur, Kapolres Ternate Tinjau Warga binaan Pelaku Gangguan Kamtibmas

117 views

Foto bersama antara Kapolres Ternate, Tim Binrohtal, Imam Masjid dan warga binaan

Ternate, medianasional.id – Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Ternate AKBP Azhari Juanda, melaksanakan Safari Zuhur sekaligus meninjau langsung kegiatan Binrohtal terhadap warga binaan pelaku peminum miras dan pelaku gangguan kamtibmas lainnya bertempat di Masjid Ikwanul Muslimin Kelurahan Soa, Senin (12/8/2019) Siang.

Dalam kedatangannya, Kapolres di sambut oleh Ketua Tim Binrohtal, Imam Masjid Ikwanul Muslimin H. Robo, dan Para Jama’ah Masjid Ikwanul Muslimin sekitar 50 Jama’ah serta warga binaan berjumlah 20 orang yang merupakan para pelaku peminum miras yang berhasil diamankan oleh Polres Ternate dan jajaran.

Sementara, tinjauan tersebut diawali dengan pelaksanaan Sholat Dzuhur Berjamaah yang dilanjutkan dengan tausiah dari Kapolres Ternate, dengan mengucapkan terimakasih kepada Imam dan BTM Masjid Ikhwanul Muslimin yang telah bersedia mengijinkan Masjid untuk dijadikan tempat pembinaan para warga binaan/itikaf.

“Polres Ternate tidak hanya mengedepankan penegakan hukum dalam mengelola Kamtibmas di Kota Ternate. Tertapi juga menggunakan pendekatan pembinaan moral terhadap warga yang melakukan perbuatan yang mengganggu Kamtibmas,” kata Kapolres.

Azhari juga menuturkan bawasanya pembinaan ini bertujuan untuk mengajak warga binaan kembali ke jalan yang benar, yaitu menanamkan nilai-nilai agama Islam pada warga binaan melalui Tim Binrohtal yang dibentuk oleh Polres Ternate. Melalui kegiatan ini, Tim Binrohtal berusaha menyentuh hati dan jiwa warga untuk diajak kembali ke jalan yang benar dan tidak mengulangi perbuatan yang dilarang oleh agama.

Selain itu, kapolres juga berpesan kepada warga binaan agar tidak merasa rendah diri saat mendapatkan pembinaan dari Polres Ternate, Namun harus bersyukur karena masih ada pihak yang peduli dan mau meluangkan waktunya untuk mengajak dan membina warga binaan agar menjadi pribadi/insan yang lebih baik dan terlepas dari belenggu kemaksiatan.

“Kepada semua pihak khususnya Tim Binrohtal Polres Ternate, Imam Masjid, Pengurus Masjid, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat untuk tidak pernah lelah dalam menyampaikan pesan-pesan kebaikan, kapanpun, dimanapun dan dalam kondisi apapun, karena disaat kita lelah dan berhenti maka disaat itulah kejahatan dan kemaksiatan akan semakin merajalela,” Pinta Kapolres.

Pada kesempatan itu, Kapolres mengajak pada warga binaan dan Tim Binrohtal untuk menjaga marwah dan martabat Kota Ternate dari berbagai macam kejahatan dan kemaksiatan, karena semua ini merupakan tanggung jawab bersama, agar Kota Ternate benar-benar menjadi Kota yang penuh peradaban.

“Perda Miras suda seharusnya segera direvisi dengan catatan, Perda dengan menerapkan SANKSI MINIMAL BAIK DENDA MAUPUN KURUNGAN. SANKSI DENDA MINIMAL 30 JUTA ATAU KURUNGAN MINIMAL 30 HARI. Dengan diterapkannya sanksi minimal tersebut maka nantinya ada efek jera bagi penjual miras di Kota Ternate. Mengingat sanksi yang diterapkan saat ini masih sangat rendah, sehingga penjual miras masih kembali menjual meski telah di tangkap berulang kali,” pungkasnya.

Tinjauan tersebut diakhiri dengan makan bersama antara Kapolres Ternate bersama Imam, Jama’ah Masjid Ikhwanul Muslimin serta warga binaan.

Safrin

Kapolres ternate Ternate

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.