Safari Ramadhan, Kapolres Ternate Ajak Masyarakat Jaga Kamtibmas

89 views

Kapolres Ternate saat memberikan pesan Kamtibmas

Ternate, medianasional.id – Dalam rangka untuk meningkatkan iman dan takwa serta menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif dilingkup masyarakat Kota Ternate pada bulan Ramadhan 1440 H. Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Ternate bersama Kepala Kantor Kemenag Kota Ternate Bpk. H. Adam Ma’rus melaksanakan kegiatan Safari Ramadhan Sholat Isya dan Tarawih keliling bersama masyarakat tepatnya di Masjid Inayah Turabbaniyah Kelurahan Sango Ternate Utara, Rabu (15/5/2019).

Dalam Sholat berjamah dihadiri oleh Kapolsek Utara AKP. Ambo Welang, Iman Masjid Darul Iman serta BKM Masjid Darul Iman, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda Kelurahan Sango serta puluhan Mahasiswa IAIN Ternate.

Usai Sholat, Kapolres memberikan arahan diman dalam bulan ramadhan ini, mari kita sama-sama menata dan bersihkan hati agar pikiran, ucapan dan tindakan serta perilaku kita menjadi baik dan bermanfaat bagi orang lain dan lingkungan sekitar kita.

Selain itu, Kapolres juga memberikan pesan kamtibmas dimana Pemungutan suara sudah selesai, marilah kita kembali rukun, jangan ada lagi saling provokasi, saling hujat atau saling klaim kemenangan.

Ia juga mengajak kepada masyarakat untuk menunggu hasil dari keputusan KPU dan jangan mudah terprovokasi dengan isu-isu kecurangan serta gerakan people power, jikalau memang ada dugaan kecurangan maka silahkan mengajukan gugatan secara hukum disertai dengan buktinya. Karena jika kita diadu domba hanya untuk kepentingan sesaat akan dapat merusak bangsa ini.

Lanjut dia, demi menjaga kenyamanan dan keamanan selama bulan puasa, masyarakat diharapkan harus waspada terhadap kebakaran, pencurian, dan penjambretan. Oleh sebab itu, pastikan kompor dalam keadaan mati setelah selesai memasak atau meninggalkan rumah, pintu dan jendela dalam keadaan terkunci saat istirahat atau meninggalkan rumah, kendaraan sudah dalam keadaan terkunci dan dimasukkan ke dalam rumah/garasi saat istirahat maupun meninggalkan rumah.

“ Untuk Ibu-ibu rumah tangga yang sedang berbelanja dapat memperhatikan barng bawan berharga baik dompet, perhiasan maupun HP serta dapat mengingatkan anak agar tidak pulang larut malam, bermain petasan, kebut-kebutan atau konvoi di jalan saat selesai taraweh maupun selesai sahur.

Kepala Kemenag

Sementara, dalam tausiah Kepala Kemenag Kota Ternate mengatakan bahwa Masyarakat jangan mudah terpengaruh dengan situasi di Jakarta terkait dengan ajakan aksi people power untuk tidak mengakui hasil pemilu. Kita harus mampu menjaga kerukunan dan kedamaian di Kota Ternate.

“ Ternate punya budaya adat seatorang, marilah kita jaga budaya tersebut, jangan sampai karena pengaruh globalisasi kita lupa dengan budaya asli. Sebagai masyarakat kita harus mampu merawat dan memelihara jangan sampai punah dan hanya tinggal kenangan,” ucapnya.

Mengakhiri tusiahnya ia Mengajak kepada masyarakat untuk taat membayar zakat, terutama zakat mal dan zakat profesi. Jika semua masyarakat patuh membayar zakat mal dan zakat profesi maka dipastikan umat islam di Kota Ternate akan sejahtera dunia akhirat.

Safrin

Ternate

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.