Relawan Wonosobo Perbaiki Rumah Penduduk Korban Gempa Lombok

84 views

Lombok, medianasional.id – Relawan Wonosobo yang terdiri dari TNI, Banser, Muhammadiyah yang berjumlah 40 orang terus berpacu dengan waktu. Membantu masyarakat di Lombok yang terkena musibah bencana berkepanjangan. Betapa tidak hampir tiap hari gempa terjadi, sehingga masyarakat disana tidak nyaman menempati rumah masing-masing. Mereka terpaksa harus mengungsi ke tempat yang lebih aman, menghindari terjadinya banyak korban.

Tim relawan melaksanakan apel pagi diambil oleh Kapten Inf Sugeng Hariyanto selaku koordinator relawan Wonosobo. Hari ini kegiatan kita masih berkutat pada pemilahan logistik dan mendistribusikan kepada para pengungsi. Sebagian relawan membantu memperbaiki rumah penduduk yang rusak, yang berlokasi dekat dengan Posko di Sembalun. Sehabis melaksanakan apel pagi melaksanakan senam “Tebe-tebe” bersama. Ini dilakukan untuk sedikit menghilangkan kejenuhan para relawan, dilanjutkan pembersihan di sekitar Posko, Jumat (31/8).

Kapten Inf Sugeng Hariyanto juga menyampaikan, sebagai relawan harus selalu koordinasi antara Kementerian Sosial (Kemensos), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB dan Pemda setempat.

“Bantuan harus bisa tersalurkan hingga titik posko pengungsian terpencil yang sulit terjangkau. Libatkan perangkat desa guna mengetahui kebutuhan-kebutuhan secara rinci dari setiap posko pengungsian agar penyaluran bantuan dapat tepat sasaran,” ujar Sugeng.

Kondisi lapangan akibat bencana gempa bumi di Lombok, sudah mulai memasuki fase transisi dari fase darurat menuju fase pemulihan dan pembangunan kembali. sebagai relawan yang telah berada di lokasi terdampak bencana, dilandasi niat mewujudkan pertolongan kemanusiaan kepada warga masyarakat terdampak bencana alam.

“Berikutnya kita harus siap menerima dan mengerjakan tugas kerja apa pun yang ditemui di lapangan, yang mungkin tidak sesuai dengan keahlian khususnya. Relawan harus mampu mengukur dan mempertimbangkan kemampuan diri, baik fisik maupun psikologis atau mental, kemudian menyesuaikan dengan keadaan lapangan. Makanya kami perintahkan sebagian relawan kita, membantu memperbaiki rumah penduduk. Agar para pengungsi bisa kembali lagi ke rumah mereka, tentunya jika keadaan di lapangan benar-benar sudah aman (tidak ada lagi gempa),” pungkasnya.

Reporter : Andika Bagus

Editor :  Dian

Gempa Lombok Lombok

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.