Ratusan Relawan Gabungan Diterjunkan Bersihkan Material Longsor di Desa Ragatunjung

312 views

Brebes, medianasional.id | Hujan deras yang mengguyur Desa Ragatunjung, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes pada hari Rabu 2 Desember 2020 mengakibatkan tanah longsor sekira pukul 20.00 WIB yang mengakibatkan 4 Rumah Rusak Parah. Jum’at, 4/12/2020.

Dijelaskan Danramil 11 Paguyangan Kodim 0713 Brebes Kapten Arhanud Suryadi yang terjun langsung ke lokasi mengatakan, Hujan deras yang mengakibatkan tanah longsor di Dukuh Menteng, RT 13, RW 01 Desa Ragatunjung, Kecamatan Paguyangan yang menimpa 4 rumah atas nama Muplikha, Rakum, Saknan, Saripah dengan kondisi rusak parah.

Kami hadir untuk mengatasi kesulitan masyarakat dengan mengevakuasi material longsor bersama BPBD, Koramil, Linmas, Banser, Bumdes, Perangkat Desa dan masyarakat, kami mengalami kesulitan mengingat ketinggian tebing yang cukup tinggi, dan diatasnya ada perumahan dan dibawah juga ada perumahan, kalau dibiarkan takut terjadi longsor susulan. Ini harus segera dilakukan pemasangan bronjong kawat untuk pengamanan tebing, agar tidak longsor kembali, mengingat satu tahun sebelumnya juga sudah pernah terjadi longsor, “ungkapnya.

Kepala Desa Ragatunjung Masduki menyampaikan, untuk percepatan penanganan sudah dilaporkan ke BPBD Kabupaten Brebes, untuk segera direalisasikan untuk percepatan penanganan dengan Bronjong Kawat. Mengingat diatasnya ada 1 RT perumahan yang sudah mengalami retak-retak bangunan rumahnya.

Dan untuk sejumlah 17 KK yang terdampak langsung sudah kami himbau agar sementara mengungsi dulu dirumah keluarga terdekatnya, khawatir ada Longsor susulan, dan untuk korban jiwa dalam bencana ini tidak ada.

Lebih lanjut disampaikan Masduki, untuk penanganan Evakuasi material longsor juga dilakukan dititik longsor susulan di jalan Pesawahan – Cirumyang yang tertimbun tanah longsor, yang mengakibatkan kendaraan baik roda dua maupun empat tidak bisa lewat.

Dan kami sampaikan terimakasih kepada
BPBD, Koramil, Linmas, Banser, Perangkat Desa, Bumdes dan masyarakat yang telah turut membantu mengevakuasi material longsor dan bantuan logistik lainnya, “ucap Masduki.

Reporter : Abu Bakar Sidik
Editor : Abu Bakar Sidik

DomaiNesia

Bencana Ragatunjung Brebes Longsor Dukuh Menteng

Penulis: 
author

Posting Terkait

banner 468x60)

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.