Program Bakti Padamu Guru Bataru, Penyediaan Rumah Subsidi Bagi Para Penyelenggara.

231 views

Bandung – Medianasional id.

Program Bakti Padamu Guru (Bataru), yakni penyediaan rumah subsidi bagi para penyelenggara pendidikan di Jabar,hal ini dikatakan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil.
Ridwan Kamil menjelaskan Bataru merupakan hadiah untuk para guru dan tenaga kependidikan yang hari ini (25 November 2020) memperingati Hari Guru Nasional.

“Bataru ini tidak hanya untuk guru, tapi juga bagi semua yang berjasa di lingkungan pendidikan, seperti tata usaha hingga penjaga sekolah,” tutur Gubernur, saat memperingati Hari Guru Nasional 2020 dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di SMK Cakra Buana, Jalan Raya Depok Sawangan No. 91, Kota Depok.

Gubernur menjelaskan, ada 20.000 rumah subsidi bagi guru dan tenaga kependidikan yang tersebar di 17 kabupaten/kota. Tipe rumah disesuaikan dengan biaya sebesar Rp150 juta per unit. “Syaratnya, penghasilan mereka di bawah Rp 8.000.000,- dan belum memiliki rumah. Cicilannya sekitar Rp 900.000,- per bulan,” jelasnya.

Gubernur berharap, program Bataru mampu meningkatkan kesejahteraan guru. Sebab, kesejahteraan tidak selalu berbicara tentang kenaikan pendapat, tetapi juga tentang pemenuhan fasilitas. “Bagi para guru dan tenaga kependidikan yang masih ngontrak, ini merupakan kabar baik. Anda semua akan difasilitasi. Dalam waktu dekat, sudah memiliki rumah,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar sekaligus Pejabat Sementara (Pjs.) Wali Kota Depok, Dedi Supandi menjelaskan, beberapa daerah yang nantinya akan dibangun rumah, yakni Kota Depok, Kota Banjar, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Sukabumi.

Ia menegaskan, bukan hanya guru dan tenaga kependidikan di ranah provinsi yang berhak mendapatkan subsidi rumah tersebut, melainkan semua guru dan tenaga kependidikan yang ada di Jabar. “Bukan hanya untuk guru dan tenaga kependidikan SMA, SMK, dan SLB, mereka yang di SD dan SMP pun diperbolehkan,” tegasnya.

Rencananya, peletakan batu pertama akan berlangsung pada Desember 2020.

Berikut sebaran lokasi “Rumah Bakti untuk Guru” di Jawa Barat:

Kota/Kabupaten

Kota Banjar
Kota Depok
Kabupaten Bogor
Kabupaten Bekasi
Kabupaten Sukabumi
Kabupaten Cianjur
Kabupaten Karawang
Kabupaten Bandung Barat
Kabupaten Purwakarta
Kabupaten Subang
Kabupaten Bandung
Kabupaten Garut
Kabupaten Indramayu
Kabupaten Ciamis
Kabupaten Kuningan
Kabupaten Cirebon
Kabupaten Pangandaran

( Riswandi)

Editor: Sofyan Ari

DomaiNesia

Program Bakti Padamu Guru

Penulis: 
author

Posting Terkait

banner 468x60)

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.