PKD Ansor Kendal Diikuti Perangkat Desa sampai Anggota Dewan

776 views

Kendal, medianasional.id – Kaderisasi yang diselenggarakan Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Kendal diminati banyak kalangan masyarakat. Terbukti dari beberapa kali kegiatan pesertanya tidak hanya berasal dari warga biasa, tapi juga dari kalangan pejabat.

Tengok saja Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) yang digelar dalam dua hari ini di Desa Kertomulyo, Kecamatan Brangsong. Dari 40 peserta yang mengikuti jenjang kaderisasi dasar ini, ditemukan beberapa nama pejabat dari tingkat desa hingga tingkat kabupaten.

Salah satunya, Dian Alfat Muchamad yang belum lama ini dilantik menjadi anggota DPRD Kabupaten Kendal periode 2019-2024 setelah berhasil mencatatkan 6897 suara dari Dapil I.

Ditemui setelah pembaiatan, Ahad sore (8/9), anggota dewan termuda dari Fraksi PKB yang saat dilantik bulan lalu baru berusia 21 tahun ini, mengaku mengikuti PKD karena panggilan jiwa bukan atas instruksi dari pimpinan partainya.

“Biarpun sudah menjadi anggota dewan, saya merasa masih perlu banyak belajar dari sahabat-sahabat di Ansor. Belajar berorganisasi, bermasyarakat, dan belajar menjadi kader NU yang baik. Bagaimanapun, saya bisa duduk menjadi anggota dewan berkat dukungan warga NU,” ungkap Dian yang mengaku lahir dan dibesarkan dalam keluarga nahdliyin.

Sebagai panitia lokal dalam PKD kali ini Pengurus Anak Cabang Ansor Kecamatan Brangsong. Pun demikian, peserta tidak hanya dari kecamatan setempat tapi juga dari kecamatan lain di Kabupaten Kendal.

Nur Qosim selaku ketua panitia mengatakan, semua peserta mendapatkan perlakuan yang sama tidak membedakan status sosialnya. Begitu juga pada tahap seleksi, setiap peserta harus mendapatkan mandat dari pengurus Ansor setempat.

Menurut Misbahul Munir, Sekretaris PC Ansor Kendal, PKD merupakan pintu masuk untuk melahirkan kader-kader yang militan. Dikatakannya, sejak kepengurusannya jumlah kader yang telah mengikuti PKD sebanyak 1200 orang. Ini belum termasuk kaderisasi di Banser yang jumlahnya jauh lebih masif. Sebagaimana diketahui, Banser merupakan badan semi otonom di bawah Ansor.

Muhammad Ulil Amri, Ketua PC Ansor Kendal, mengatakan kader-kader Ansor telah berkiprah di berbagai bidang. Tidak hanya di bidang keagamaan, tapi juga di pendidikan, pemerintahan, legislatif, dunia usaha dan lainnya.

“Pada Diklatsar Banser bulan kemarin di Sukorejo, ada beberapa Kepala Desa yang ikut. Tentu saja ini positif untuk memperluas jangkauan kiprah Ansor di tengah masyarakat,” pungkas Gus Ulil yang belakangan kerap disebut sebagai kandidat potensial Bupati Kendal.( rzm/tf)

ansor Kendal PKD

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.