Perkuat Akses Bacaan Anak, Forum TBM Kabupaten Bogor Terbentuk

167 views

Bogor, medianasional.id – Sebagai bagian untuk memperkuat akses bacaan anak dan meningkatkan minat baca, hari ini (11/8/2020) telah dibentuk Pengurus Forum TBM (Taman Bacaan Masyarakat) Kabupaten Bogor periode 2020-2025. Dihadiri 30 pengelola TBM dan pegiat literasi di wilayah kabupaten Bogor, Forum TBM nantinya menjadi organisasi penggerak kegiatan literasi dan peningkatan minat baca anak-anak usia sekolah. Sebagai upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, di luar program sekolah.

Melalui musyawarah anggota via zoom meeting dan diskusi literasi, disepakati susunan pengurus Forum TBM Kabupaten Bogor terdiri dari: Pembina: Syarifudin Yunus (TBM Lentera Pustaka) Ketua: Sitta Alia (Perpustakaan KAIT Plus), Sekretaris: Yudi (TBM Lentera), Bendahara: Dwi Sulistia Ningsih (TBB Cijayanti), Bidang Organisasi: Anshori (Perpustakaan Ar Rasyid), Bidang Program: Royani (TBM Bale Baca Cijayanti), dan Bidang Kemitraan: Indri Gulli (Berkawan Indonesia). Adapun fokus Forum TBM Kabupaten Bogor ke depan adalah mengkoordinasikan dan mengembangkan program serta aktivitas TBM-TBM yang ada di Kabupaten Bogor. Demi tegaknya tradisi baca dan budaya literasi anak-anak dan masyarakat Bogor.

“Kami bersyukur dapat membentuk Forum TBM Kabupaten Bogor. Kita berharap Forum TBM ini dapat memperkuat akses bacaan kepada anak-anak di Bogor sekaligus mampu menciptakan pemerataan layanan membaca. Untuk itu, sinergi dan dukungan semua pihak utamanya Pemkab Bogor sangat kami harapkan”, ujar Sitta Alia, Ketua Forum TBM Kabupaten Bogor.

Perlu diketahui, Forum TBM merupakan wadah bersama Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dan para pegiat literasi di Indonesia mulai dari pusat, provinsi dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia untuk mengkampanyekan minat baca dan budaya literasi melalui gerakan literasi di masyarakat. Di Kabupaten Bogor setidaknya ada 55 TBM yang terdaftar di Kemdikbud dan yang sudah terdata di Forum TBM ada 22 TBM. Setelah ini, Forum TBM Kabupaten Bogor menunggu penetapan dan pelantikan dari pengurus Forum TBM Jawa Barat.

Ke depan, Forum TBM Kabupaten Bogor sudah menyiapkan berbagai program dan aktivitas, seperti: 1) diskusi literasi dan TBM bulanan, 2) audiensi ke Bupati Bogor, 3) festival literasi, 4) sarasehan dan visit TBM, 5) workshop pengembangan tata kelola TBM, dan sebagainya. Sebagai lembaga mitra Kemdikbud, Forum TBM Kabupaten Bogor berkomitmen untuk terus mengembangkan layanan TBM dan melakukan inovasi gerakan literasi melalui perilaku membaca anak-anak. Sebagai antisipasi terhadap gempuran era digital dan meningkatkan kecakapan literasi masyarakat seiring tantangan era revolusi industri 4.0.

“Saya berharap, Forum TBM Kabupaten Bogor ini dapat menjalin kolaborasi demi tegaknya tradisi baca dan budaya literasi masyarakat Bogor. Forum TBM ini penting untuk memperkuat pendidikan masyarakat di luar sekolah, di samping sebagai mitra pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa apalagi di tengah wabah Covid-19 seperti sekarang,” kata Syarifudin Yunus, Pembina Forum TBM Kabupaten Bogor yang juga kandidat doktor manajemen pendidikan Pascasarjana Unpak.

Bersama Forum TBM Kabupaten Bogor, bersama wujudkan tradisi baca dan budaya literasi anak-anak usia sekolah.(Nimbrod Rungga)

DomaiNesia

Bogor

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.