Peringati Hari Aids Se-Dunia, Bidokkes Polres Enrekang Gandeng Rsud Massenrempulu Gelar Sosialisasi

99 views

ENREKANG, MEDIANASIONAL.ID – Polres Enrekang Melalui Biddokes, Polres Enrekang bekerjasama dengan RSUD Massenrempulu melakukan kegiatan sosialisasi dan Pemeriksaan HIV di Aula Wira Pratama Polres Enrekang  dalam rangka memperingati hari AIDS Se Dunia, Kamis (05/12/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolres Enrekang AKBP Endon Nurcahyo, S.IK, Wakapolres Enrekang Kompok Abd. Azis Taba, Para Kasat, Para Kapolsek Jajaran Polres Enrekang, Perwira Staf Polres Enrekang, Bintara Personil Polres Enrekang dan Polsek Jajaran Polres Enrekang.

Adapun tim sosialiasi yaitu Dokter Muda RS. Massenrempulu Enrekang dr. Hartatiek Waaqiayah, yang mewakili Kadis Kesehatan, Ashar Nur, S.Kep. Ns, Perawat Mahir RS.Massenrempulu Enrekang Rudy, S.Kep.Ns, Pranata Lab.Kes.Muda Rs. Massenrempulu Enrekang Dewi, S.ST.

Dalam sosialisasinya Dokter Muda RSUD Massenrempulu dr. Hartatiek Waaqiayah mengatakan bahwa Kami saat ini sedang mengoptimalkan kegiatan sosialisasi Pencegahan Penyakit Human Immunodeficenc Virus/Acquired Immuno Deficency Syndrom (HIV/AIDS) yang bisa menimbulkan kematian.

“Kami berharap melalui sosialisasi ini dapat mengetahui pemahaman bahaya HIV/AIDS,” ungkapnya.

Dirinyapun menambahkan bawa  pihaknya juga mengoptimalkan penyuluhan dan sosialisasi kepada kalangan pelajar, mahasiswa, organisasi kemasyarakatan dan organisasi keagamaan dengan tujuan meningkatkan pemahaman tentang bahaya penyakit HIV/AIDS.

“Penyakit tersebut bisa menularkan kepada siapapun jika melakukan hubungan seks dengan yang terjangkit positif itu. “Kami mendukung Indonesia terbebas prostitusi 2019 guna mencegah penyebaran HIV/AIDS,” tambahnya.

Sementara itu, dalam arahannya Kapolres Enrekang AKBP Endon Nurcahyo, S.IK mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan yang dilakukan melalui kerjasama antata Biddokes Polres Enrekag dan RSUD Massenrempulu Enrekang dapat bermanfaat bagi seluruh jajaran polres Enrekang dan setelahnya dapat disampaikan kepada keluarga dan tetangga kita dimana kita berada.

“Dengan adanya pemeriksaan ini dapat dilakukan agar tidak terjangkit penyakit menular ini,” ungkapnya.

Adapun Materi Sosiasilasi, dengan point-point sosialisasi yang disampaikan diantaranya adalah penjelasan tentang Perbedaan HIV dan AIDS, penjelasan tentang Sebab terjangkitnya HIV dan penyebaran Virus HIV, Cara mencegah HIV, Cara pengobatan HIV, Menyampaikan bahwa pengeobatan HIV sudah disiapkan oleh Rumah Sakit Umum, dimana tidak ada biaya untuk pemeriksaan dan pengobatan (gratis) serta dirahasiakan.

Usai kegiatan tersebut juga dilakukan kegiatan Sesi tanya jawab antara personil Polres Enrekang dan Pemeriksaan Deteksi Dini HIV/AIDS kepada selurun personil Polres Enrekang.

Reporter : Iwan

Enrekang

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.