Peran Wartawan Dalam Pembangunan Di Banten

99 views

Serang, Medianasional.id –  Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Banten menggelar diskusi terbatas bersama anggota komisi IV DPRD Banten, Dede Rohana Putra di Sekretariat PWI Banten, Kamis 24 Oktober 2019 dengan tema “Bersama Membangun Banten”

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua PWI Banten, Rian Nopandra, Ketua SPS Banten, Lesman Bangun, dan ketua PWI kota/Kabupaten se-Provinsi Banten.

Ketua PWI Banten, Rian Nopandra, dalam paparanya mengatakan, di era komunikasi dan informasi seperti saat ini, media memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan pembangunan. Media massa sangat berperan dalam menginformasikan dan mengabarkan program-program pemerintah, termasuk didalamnya tentang perencanaan pembangunan.

Disamping itu, lanjut pria yang akrab disapa Opan ini, keberadaan media massa di Banten, juga harus melaksanakan perannya dalam melaksanakan fungsi kontrol terhadap berbagai aktivitas/kebijakan yang dilakukan oleh lembaga pemerintah atau swasta dalam melakukan pelayanan bagi kepentingan masyarakat luas.

Ditempat yang sama, anggota Komisi IV DPRD Banten, Dede Rohana menerangkan, pers sebagai salah satu pilar/kekuatan keempat dalam sistem demokrasi di Indonesia, memegang peranan penting dalam kebehasilan pembangunan di daerah.

“Kami di Komisi IV DPRD Banten yang membidangi pembangunan, terus berupaya meningkatkan peranan. Masalah pembangunan infrastruktur, lalu terkait pengentasan pengangguran hingga pelayanan dasar kepada masyarakat yaitu keberadaan listrik, sedang kita jajaki semua untuk kemudian kita ambil langkah konkrit,” terang Dede.

Ditegaskan Dede, pihaknya juga intens melakukan komunikasi dengan beberapa kementerian guna memaksimalkan program pusat yang memang dapat di implementasikan di Banten.

“Jadi kita juga berharap kepada OPD untuk aktif menjemput bola karena banyak program dari kementerian itu yang dapat direalisasikan di Banten. Namun itu tadi, pemerintah daerah juga harus pro aktif,” pungkas Dede.

Pada kesempatan tersebut, terkait optimalisasi support bantuan anggaran pembangunan kepada pemerintah kota/kabupaten di Banten, pihaknya juga kini tengah menyiapkan rancangan perda Kawasan Starategis khusus.

“Jadi diharapkan nantinya bantuan anggaran kepada wilayah yang memang memiliki potensi khusus dan strategis dapat dioptimalkan. Namun seperti tema diskusi hari ini, memamg dalam membangun banten, dibutuhkan kebersamaan dari semua pihak termasuk tentunya dukungan dari teman-teman insan pers,” pungkas Dede.

Sementara itu, Ketua SPS Banten, Lesman Bangun berharap, melalui komisi IV DPRR Banten dapat menghidupkan kembali keberadaan media yang belakangan ini di Banten mulai redup.

“Mulai redup ini dapat dikatakan banyak bisnis media di banten ini yang kemudian gulung tikar karena tidak dapat menggaji wartawan atau stafnya salah satunya dikarenakan anggaran publikasi yang semakin sedikit. Harapan kami agar pak Dede Rohana yang juga duduk di Banggar DPRD Banten, dapat mendorong hal tersebut. Disamping itu kita juga berharap, anggaran publikasi dapat dikembalikan ke OPD-OPD bersangkutan agar juga kemudian publikasi yang dilaksanakan dapat merata dan sampai secara utuh ke masyarakat,” tandasnya. (A1P)

Editor : Agung Mubarra

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.