Pembukaan Jambore Ranting Tingkat Kwartir Wonotunggal

236 views

Batang, medianasional.id
Sebagai mana di amanatkan dalam undang-undang No 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka yang bertujuan untuk membentuk setiap Pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriot, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila serta melestarikan lingkungan hidup.

Kegiatan Pembukaan Jambore Ranting Gerakan Pramuka Tingkat Kwartir Ranting tahun 2019
di hadiri Polsek, Danramil ka korwil kepala desa Wonotunggal, Sendang, serta Kepala SD di wilayah sekitar kegiatan berlangsung dari tanggal 13 hingga 15 Agustus 2019 di lapangan Dukuh Tegalsari Desa Wonotunggal, Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang (13/8/2019).

Dalam momen pembukaan tersebut Kamabiran Wonotunggal Himawan, SH mengatakan, bahwa Upacara Pembukaan Jambore Ranting Gerakan Pramuka tingkat Kecamatan Wonotunggal semoga bermanfaat untuk adik – adik Penggalang.

Ia juga menuturkan, Bahwa Gerakan Pramuka merupakan suatu sistem pendidikan non formal yang sangat membantu dan melengkapi pendidikan formal. Gerakan Pramuka adalah wahana penting untuk membentuk watak atau karakter dan kepribadian nasional bagi generasi muda bangsa. Di organisasi gerakan pramuka ini kita dapat belajar sebagai keterampilan yang tidak diperoleh di bangku sekolah.

“Kita belajar berkomunikasi dengan berbagai kalangan, baik itu untuk belajar bermain di alam bebas, membangun keberanian dan tanggung jawab dan belajar memimpin anggota yang lain, ‘ Ungkap Kamabiran Wonotunggal Himawan, SH.

Lebih lanjut Kamabiran menuturkan, bahwa semua kegiatan kepramukaan itu di kandung maksud untuk menempa kita untuk mandiri, berani, bertanggung jawab, berdisiplin dan terampil. Sehingga kita semua harus bangga menjadi pramuka.
Kegiatan Jambore Ranting ini diharapkan dapat mendidik adik-adik Penggalang menjadi pramuka yang rajin, terampil dan gembira.

Kamabiran Wonotunggal Himawan, SH berharap, bahwa dengan adanya kegiatan Jambore ini dapat membentuk Pramuka yang sesuai dengan nilai-nilai yang tercantum dalam Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.

Ajakan Kamabiran Wonotunggal dalam kesempatan tersebut mengatakan, kepada para Ambalan Ranting maupun yang berada di Gugus Depan untuk lebih merapatkan barisan dan menyatukan gerak langkah untuk percepatan dalam pembentukan karakter kaum muda Indonesia serta meningkatkan kualitas gugus depan sebagai wahana pendidikan karakter bangsa.

Dwi Alistia Pratiwi peserta Jambore dari Gugus Depan SMP Negeri Wonotunggal 1 menuturkan, bahwa dengan adanya kegiatan Jambore ini merasa senang karena bisa berbagi bersama kawan – kawan dan tukar pengalaman serta sebagai media pendidikan pada diri sendiri guna membangun karakter tiap-tiap peserta.

“Perasaan senang dan bahagia karena dapat mengikuti acara Jambore Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Wonotunggal, ” Ungkap Dwi Alistia Pratiwi.

Reporter : Puji_L

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.