Pembinaan Kepemimpinan Dalam Forum Interaksi Desa

80 views

Wonosobo, medianasional.id – Komandan Kodim 0707/Wonosobo Letkol Czi Fauzan Fadli, SE menghadiri kegiatan seminar yang bertempat di Aula Dieng Cinema Kab. Wonosobo. Seminar tersebut merupakan seminar Forum interaksi Desa yang bertemakan ” Mencipta Masa Depan Desa Berdaya”. Kamis (11/10).

Letkol Czi Fauzan Fadli, SE menyampaikan materi tentang kepemimpinan visioner. Menurutnya, kepimpinan adalah ilmu yang bisa di pelajari dan di latih. Menjadi seorang pemimpin harus berwawasan luas dan pandangan ke depan. Kepemimpinan yang mengikuti gaya visioner harus memiliki wawasan ke depan. Jadi dalam gaya memimpinnya jelas, akan dibawa ke mana (perubahan ke depan) organisasinya nantinya.

“Selain itu pemimpin juga harus berani bertindak. Keberanian juga harus dimiliki dalam gaya kepemimpinan visioner. Ingat, gaya kepemimpinan ini berasal dari imajinasi tentang masa depan yang lebih baik. Kemampuan untuk mengakomodir dengan baik juga perlu, karena terdengar imajinatif untuk visi dan misinya, maka gaya kepemimpinan ini harus memiliki kecakapan yang luar biasa agar bisa mempengaruhi orang lain untuk mau bekerja sama dengannya. Memang dibutuhkan kerja keras dan berani mengahadapi risiko,” lanjut Dandim

Menjadi pemimpin yang visioner juga harus berpikir secara kreatif dan inovatif. Pasalnya gaya kepemimpinan ini akan membuat paradigma baru. Jadi memang diperlukan orang yang aktif dan kreatif. “Seorang pemimpin juga harus bisa membangun hubungan yang aktif, pemimpin dengan gaya visioner harus memiliki kemampuan untuk membangun hubungan yang baik dengan orang lain di dalam organisasinya maupun di luar organisasinya,” demikian materi yang disampaikan oleh Dandim.

Assoc.Prof. Rika Fatimah P.L ,S.T,Msc,Ph.D seorang penggagas gotong royong Jogjakarta juga menyampaikan bahwa kita harus bangga menjadi diri sendiri dan bangga dengan jati diri kita jangan malu menjadi orang desa. Kita tidak bisa mengejar kemajuan negara super power tapi mereka juga tidak bisa mengejar semangat gotong royong kita. Satu satunya negara yang semisalnya tidak punya hubungan diplomatik dengan negara lain yang bisa hidup sendiri adalah Indonesia. Dimana semua sumber daya alam semua ada di negara kita.

C.M.Musyafak S.E MM (Pimpinan cabang BNI Wsb) mengatakan bahwa seorang pimpinan kalau visi misi yang jelas walaupun banyak rintangan dan hambatan pasti akan ketemu jalan yang di inginkan. Tugas pemimpin adalah membuat pemimpin berikutnya menjadi lebih hebat dari dirinya.Buatlah legenda pribadi yang bisa di nikmati oleh generasi penerus kita.

“Jadilah komunitas tangan di atas karena seberapa kamu membeli pasti akan mendapatkan pengembalian. Kalau kamu memberikan bantuan ikhlas karena Allah,maka Allah akan menggantinya 70 kali lipat bahkan sampai 700 kali lipat,” tandasnya.

Harapannya setelah adanya kegiatan seminar kepemimpinan seperti ini, khususnya kepada seorang pemimpin agar bisa lebih baik lagi kedepannya. Para pemimpin diharapkan memiliki jiwa kepemimpinan yang baik supaya dalam mereka memimpin anggotanya  tidak ada perilaku yang menyimpang dan kurang baik.

Reporter : Andika Bagus

Editor : Dian

Wonosobo

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.