Pemasangan Jaringan Instalasi PDAM 2019 di Jalan Padat Karya Tak Mendapat Anggaran

134 views

Ruri Irwandi : “Untuk Tahun 2019 Ini Pemasangan Jaringan PDAM Ke Rumah Warga Hanya Untuk Kecamatan Air Manjuto”

Ruri Irwandi, Kadis PUPR Kabupaten Mukimuko

Mukomuko, medianasional.id – Dapat dipastikan pemasangan jaringan suply PDAM dari pipa induk, diperlintasan Jalan Padat Karya Desa Ujung Padang sampai ke Kelurahan Bandar Ratu Kecamatan Kota Mukomuko, untuk tahun anggaran 2019 ini, urung dianggarkan. Padahal masyarakat yang bermukim pada ruas jalan itu, telah mengidamkan adanya aliran air bersih sampai ke rumah-rumahnya.

Hanya saja untuk tahun 2019 ini, pemasangan jaringan suply air bersih kerumah masyarakat baru akan dibagun untuk wilayah kecamatan Air Manjuto dengan kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) yakni Desa Agung Jaya dan Desa Kotab Praja Kecamatan Air Manjuto.

Pelaksana tuga (Plt) Kepala Dinas PUPR Mukomuko, Ruri Irwandi, ST, MT, membenarkan bahwa memang baru di wilayah Kecamatan Air Manjuto, jaringan suply air bersih itu akan terealisasikan pada tahun 2019 ini. Menurutnya, bagi masyarakat yang berada di wilayah belum ada kesediaan jaringan suply air bersih, jangan berkecil hati. Karena pihak PUPR terus berupaya untuk menysun anggaran terkait perihal itu, supaya tidak ada lagi di wilayah ini, tak tersedia jaringan air bersih hingga ke rumah-rumah warga.

“Memang benar ada pembangunan suply air bersih kerumah-rumah warga untuk kecamaran Air Manjuto pada tahun 2019 ini. Akan tetapi bagi wilaya yang belum mendapat suplay air bersih diminta jangan berkecil hati, karena kami terus berupaya ditiap tahunnya untuk mengajukan hal teesebut kepada pimpinan daerah, demi ketersediaan air bersih,” singkatnya.

Rasmiadi, Tokoh Masyarakat Desa Ujung Padang Kecamaran Kota Mukomuko

Terpisah, tokoh masyarakat Desa Ujung Padang, menyangkan tidak adanya realisasi pembangunan jaringan suply air bersih untuk desanya. Dia berfikir,  seolah-olah pembanguna jaringan bagi instalasi ke rumah-rumah warga, seakan-akan tak menjadi masalah yang spesifik bagi pemerintah kabupaten.

“Saya sangat kecewa kepada pihak pemerintah daerah. Padahal dari tahun 2014 silam pipa induk PDAM telah dibangun, akan tetapi sangat disayangkan sampai dengan sekarang ini, ketersedian air bersih belum kunjung jua dialirkan. Masyarakat sangat membutuhkan keberadaan air bersih, soalnya ketika musim kemarau sumur warga mengalami kekeringan. Menurut saya masalah air bersih itu bagian yang prinsif untuk desa ini. Semoga saja hal ini didengar oleh perintah daerah,” harapnya.

Suryadi, Direktur PDAM Tirta Selagan Kabupaten Mukomuko

Sementara itu, Direktur PDAM Tirta Selagan, Suryadi, mengatakan terkait jaringan pipa induk PDAM disepanjang Jalan Padat Karya tersebut, masih belum layak untuk dialirkan air bersih, karwna mengalami kendala masih banyak pipa yang ditanamkan pada tahun 2014 silam itu banyak yang bocor.  Karena pada masa itu PURR dijabat oleh kepala dinas yang lama, rencananya akan ada perbaikan sekaligus perawatan terhadap pipa-pipa yang bocor, agar ketersedian air bersih dapat melayani  warga di Kecamatan Kota Mukomuko.

“Sayangnya hal itu tidak terealisasi, entah mengapa, apa lagi pada waktu itu keberadaan PDAM Tirta Selagan dalam kondisi mati suri. Dengan berjalannya waktu, pipa di sepanjan Jalan Padat Karya tersebut, tidak jadi diperbaiki. Bahkan Smsaya tidak tahu, apakah penyerahan kepada PDAM saat itu, sudah melalui runing test ataukah belum. Sekarang ini kalau kita mau mengaliri air bersih pada pipa itu,  harus di runing test terlebih dahulu. Agar ketahuan dimana saja titik yang mengalami kebocoran, setelah tahu dimana letak yang bocor, baru direnovasi. Kalau saya melihat titik yang bocor itu, harus dianggarkan rehabilitasi ringan,” pungkas Suryadi.(Aris)

Mukomuko

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.