Pelatihan Pemberdayaan Perempuan Kelompok Rentan Tahun 2019

367 views

Ryanto selaku Kepala Desa Tawangrejeni saat melihat hasil karya membatik para ibu- ibu.

Malang, medianasional.id – Pemberdayaan masyarakat sesungguhnya upaya merubah pola perilaku masyarakat untuk meningkatkan kemampuan dan kemandirian, salah satunya dengan pemanfaatan potensi lokal.

Dalam hal pemanfaatan potensi lokal, pemberdayaan masyarakat harus mampu menyediakan seperangkat teknologi tepat guna sesuai potensi lokal, penyediaan pasar bagi terciptanya aktifitas ekonomi masyarakat serta fasilitas kelompok pengelola prasarana.

Seperti halnya kegiatan pemberdayaan perempuan yang berlangsung di Desa Tawangrejeni, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Rabu (24/04/2019).

Dalam kegiatan ini, para perempuan di Desa Tawangrejeni diajarkan keterampilan untuk membatik dengan bahan daun jati.

Para ibu- ibu yang antusias mengikuti kegiatan keterampilan membatik dengan bahan daun jati.

Ryanto selaku Kepala Desa Tawangrejeni menyampaikan “Kegiatan ini untuk menggali potensi para ibu- ibu, agar nantinya mempunyai keterampilan, dan nanti akan diadakan bimtek. Supaya bisa menjadi ikon Desa Tawangrejeni dan tentunya juga untuk menjalin silaturahmi antar sesama warga” terangnya.

“Yang paling penting supaya para perempuan ini mempunyai kegiatan yang bermanfaat, karena kegiatan ini juga langsung dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak” imbuh Kepala Desa.

Salah satu warga, Siti Sulistina menyampaikan “Kegiatan ini dari dinas mas, dan kalau bisa kegiatannya bisa diteruskan, karena sangat bermanfaat bagi kami para ibu-ibu” tuturnya.

Sementara itu Ketua Pelatihan Pemberdayaan Perempuan, Lelit Tria Novita, SH, MS, menyampaikan “Tujuan dari kegiatan ini yaitu perempuan kan biasanya rentan diperlakuan tidak adil, oleh karena itu kita berdayakan mereka. Saat pelatihan diadakan minimal kita ngasih pelatihan- pelatihan, supaya nanti mereka- mereka ini bisa punya uang, biar tidak selalu minta sama laki- laki” ucapnya.

“Lebih penting lagi progam perempuan seperti ini supaya perempuan mempunyai kegiatan yang positif dan dapat menghasilkan uang. Karena nanti kegiatan juga akan diadakan setiap Kecamatan seperti latihan membatik ini” tutupnya.

Reporter : nrt

Editor : Sunarto

DomaiNesia

Malang

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.