Pelaku Curatmor dan Penadah Motor Curian di RIngkus Polres Lampung Utara

104 views

Polres LampuraLampung Utara | medianasional.id-  Team Khusus Anti Bandit (Tekab) 308 Satreskrim Polres Lampung Utara akhirnya menggulung gembong penadah curanmor lintas Kabupaten, Minggu, (4/11), sekira pukul 05.00 WIB.

Dari pengembangan tersangka sebelumnya,  Tim menangkap Dulmuin (63), warga Simpang Banjit, Desa Kasui Pasar, Kec. Kasui, Kabupaten Way Kanan. Dulmuin, diduga kuat terlibat dalam jaringan, sebagai gembong penadah curanmor lintas Kabupaten, terutana hasil kejahatan Yoyon cs, yang ditangkap lebih dulu. Petugas mengamankan sedikitnya delapan unit motor, dari kediaman Dulmuin.

Kapolres Lampung Utara, AKBP. Budiman SUlaksono, S.I.K melalui Kasatreskrim AKP. Donny Kristian Bara’langi, membenarkan atas penangkapan Dulmuin, gembong penadah curanmor. “Dulmuin ditangkap berdasarkan dari pengakuan pelaku Yoyon alias Yuyun,” ujar AKP Donny Kristian Bara’langi, Minggu, (4/11).

Menurut Donny,  pasca tertangkapnya pelaku pencurian dengan pemberatan (curat) spesialis kendaraan roda dua, Sahbirin alias Birin, yang kemudian dikembangkan terhadap pelaku atas nama Yoyon aliss Yuyun dan rekannya, Sarbini alias Beni, yang diketahui adalah sindikat penadahan barang hasil curian dan pelaku curat lintas kabupaten.

“Team Khusus Anti Bandit (Tekab) 308 Satreskrim Polres Lampung Utara,  Minggu, (4/11), sekira pukul 05.00WIB, mengamankan Dulmuin, berdasarkan dari pengakuan pelaku Yoyon alias Yuyun,” ujar Donny Kristian.

Donny menjelaskn,  penyelidikan bermula dari raibnya satu unit sepeda motor jenis Vixion, warna abu-abu, dengan nomor polisi BE-3659-JB, yang terparkir dengan kondisi stang motor terkunci di rumah korban, di jalan Ahmad Akuan No. 782, Rt/Rw. 04/06, Kel. Sribasuki, Kec. Kotabumi, Kab. Lampung Utara.

“Dari pengakuan pelaku Yuyun yang telah diamankan sebelumnya, Yuyun menjual kendaraan tersebut kepada Dulmuin dengan harga Rp4,5 juta. Selain kendaraan tersebut, Yuyun juga pernah menjual tiga unit kendaraan roda dua tanpa dilengkapi surat dari pelaku Sahbirin alias Birin kepada Dulmuin,” jelasnya.

Kasatreskrim, menjelaskan bhwa tiga unit kendaraan roda dua yang didapat Yuyun dari Sahbirin dan dijual kepada Dulmuin, yakni motor Revo hitam lis merah dengan waktu transaksi pada bulan Juni tahun 2018. Kemudian, motor jenis Honda Beat warna hitam yang dijual pada bulan Februari tahun 2017. Juga motor jenis Honda Supra Fit trondol, yang dijual pada bulan Juni tahun 2017.

Penangkapan atas pelaku Dulmuin didasari dengan adanya Laporan Polisi Nomor : LP/B- 821/ VII/ 2018/PLD LPG/ RES LU, tanggal 04 Agustus 2018. “Dulmuin ditangkap di kediamannya di Simpang Banjit, Desa Kasui Pasar, Kec. Kasui, Kab. Way Kanan,” jelas Donny.

Donny menambahkan dari keterangan Dulmuin, bahwa Dulmuin telah menerima sepeda motor dari pelaku Yuyun sebanyak lima unit kendaraan motor. “Oleh Dulmuin, sepeda motor tersebut telah dijualnya dan dibelikan kendaraan yang lain,” jelasnya.

Dari kediaman Dulmuin, diamankan sekitar enam unit sepeda motor, yakni Yamaha Vixion warna merah, Yamaha Vega warna hitam putih, Yamah Jupiter MX putih, Honda Revo hitam trondol, Yamaha Mio warna merah, Honda Revo warna hitam, dan Honda Supra Fit warna merah putih. “Saat ini pelaku dan barang bukti diamankan di Mapolres Lampung Utara,” pungkasnya.

Rilis    : Humas Polres

Editor : Deri

Kotabumi Lampung Utara Polres Lampura

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.