Parosil Tutup Perhelatan Festival Sekala Bekhak

89 views

Lampung Barat, Medianasional.id – Closing ceremony Festival Sekala Bekhak VI di Kawasan Sekuting terpadu, Kamis  malam. Kegiatan ini ditutup langsung oleh Bupati Lampung Barat H. Parosil mabsus
Turut hadir Wakil Bupati Drs. H. Mad hasnurin, Sekda Akmal Abd Nasir,SH,  Ketua TP-PKK Partinia Parosil mabsus, Ketua GOW Gurti Mad hasnurin, Ketua DWP irma Akmal Abd Nasir,  Kepala OPD, Camat dan peratin.

Bupati mengatakan, “Kegiatan ini merupakan wadah silaturahmi dan program Pemkab Lambar dalam melestarikan adat istiadat, kemudian kami meng apresiasi setinggi tingginya untuk panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, harapannya adat istiadat ini dapat menjadi kebanggaan kita semua, jadi mari bersama kita membangkitkan seni dan adat istiadat yang kita miliki serta gali potensi yang dimiliki Kecamatan dan pekonnya masing masing,” ungkapnya.

Kemudian, Momentum ini merupakan kebahagian dan keramaian tetapi harapannya dengan adanya kegiatan ini ekonomi kreatif juga dapat berjalan kreatifitas yang dimiliki masyarakat dapat dipasarkan dengan adanya kegiatan ini dengan cara bekerjasama kepada Dinas Koperindag dan Dinas Pariwisata karena  ini merupakan tantangan sebagai bentuk upaya mensejahterakan masyarakat. Wisata merupakan objek penyangga Kabupaten Lampung Barat, partisipasi minak muakhi untuk selalu membuat karya yang nyata agar pendapatan Lambar meningkat ini merupakan harapan kita bersama terlebih bagi penggit budaya dan pecinta budaya, dengan adanya komitmen antar pemerintah dan pemangku kepentingan, terakhir program ini kedepannya terintegrasi dan kontinu tetapi harus ada evaluasi karena Pemkab Lambar menerima evaluasi dari berbagai pihak secara langsung.

Pemenang lomba lagu Pop lampung putra  juara 1 nomer 19, juara dua  27, dan juara tiga nomer  47 dan Putri juara 1 nomer 40, juara 2 nomor  30, dan juara tiga  36, sedamgkan kategori Tari kreasi anak anak juara 1 Cukut anjanjang, juara dua  bunyi bunyian SD 2 liwa, dan juara tiga ratu kumala jagad SMP sekuting, untuk kategori Umum juara satu batu sepadu sanggar galah tanoh, juara dua siger sai batin, dan juara tiga sanggar hambakunk dan juara Favorit paud islam alip, kategori terbaik Pelajar smp 1 belalau, juara dua smp sekutibg terpadu, dan juara tigas paud islam alip, kategori sanggar terbaik satu sanggar tunas selalau b, juara dua sanggar jejama,  dan juara tiga sanggar al hikmah.

Kemudian, Nyambai penampil terbaik non ranking Sumber jaya, Belalau terbaik pertama sanggar mufakat kenali, terbaik kedua kampung batin belunguh, dan terbaik tiga gemuttukh agung bakhu, Batu brak, Suoh, BNS terbaik satu  sanggar andan muakhi b,  terbaik dua sanggar jejama, dan terbaik tigas andan jejama tembelang, selanjutnya Balik bukit, Sukau dan Lumbok terbaik satu sanggar seangkonan muakhi liwa, terbaik dua sanggar gelita banjar masin, juara tiga rapi wilayah 7, dan kategori pelajar terbaik satu banjar masin, terbaim dua sanggar minak mendiri SD canggu, terbaik tiga  kilu andan a. pemenang Orkes gambus 5 terbaik andan muakhi cenggirin, andam saka sukaraja, sebarus sai b, way khemelai turgak, hrk canggu, setikhaman pekon hujung dan kategori Favorit gema mustika tembelang, teba permata Pasar liwa dan untuk Hadra seputaran sumber jaya, belalau, Batu Brak terbaik satu  tunas selalau pekon balak, terbaik dua sanggar jejama 1 pekon awi, terbaik tiga andan jejama bakhu, kemudian Balik bukit sukau Lumbok terbaik satu andan mufakat a, dua andan jejama, dan terbaik tiga sebarus sai sesangkan Favorit SDN 1 sebarus, untuk Karnaval  Kecamatan terbaik satu Balik bukit, dua Batu brak, dan ketiga Batu ketulis, untuk Pekon terbaik satu  Pekon Gunung sugih, dua  Pekon balak batu brak, dan tiga pekon sebarus, untuk kategori Sanggar pertama sanggar buay nyerupa, kedua sanggar banjarmasin balik bukit, dan ketiga kayangan canggu batu brak dan kategori Umum K3s Batu brak, kedua Mkks lambar, dan ketiga api wilayah 7 Lambar terakhir Nyambai terbanyak sanggar banjarmasin 16 Grup nyambai.(Red)

Lampung Barat

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.