Obyek Wisata Baru Bukit Sibedug di Ujung Timur Waduk Wadaslintang

196 views

Wonosobo, medianasional.id – Diujung Timur waduk Wadaslintang, tepatnya di desa Sumberejo Kecamatan Wadaslintang, terdapat sebuah obyek wisata baru yang sangat indah. Bernama Bukit Sibedug, terletak di ketinggian sekitar 1.300 mdpl bukit ini masih jarang dikenal wisatawan, namun memiliki pesona keindahan pemandangan yang akan mampu memanjakan setiap pengunjungnya terlebih jika datang pada sore hari atau pagi hari.

Lokasi bukit di sekitar perbatasan dengan wilayah Kabupaten Kebumen seputaran waduk Wadaslintang, dan di puncaknya juga terdapat sisa bekas bangunan menara yang didirikan pada saat pembuatan waduk Wadaslintang di tahun 1970 an silam. Kades Sumberejo, Harno ketika ditemui di sela menemani rombongan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Wonosobo, Minggu (20/9/2020) menjelaskan kenapa obwis baru itu dinamai bukit sibedug. “Dahulu kata para sesepuh di desa ini kadang ketika baru dzuhur terdengar suara seperti bedug berbunyi dari balik bukit tersebut, sehingga warga masyarakat sekitar kemudian menjulukinya dengan Si bedug,” tuturnya.

 

Obyek wisata tersebut, menurut Harno terletak di tanah milik perhutani kedu selatan sehingga pihak desa kini tengah melakukan kerja sama dengan pihak perhutani kedu selatan dan LMDH Sumber rejeki. Menurutnya, Sibedug dalam waktu dekat ini akan dibuka secara resmi setelah ada persetujuan dari perhutani kedu selatan. “Sembari menunggu persetujuan tersebut, pihak desa dan pokdarwis sedang melakukan perbaikan akses jalan, kerja sama dengan warga sekitar,” lanjutnya.

Pembenahan infrastruktur jalan akan menurutnya juga dibarengkan dengan pembangunan fasilitas umum seperti Mushola dan toilet umum. Selain itu, warga diakui Harno juga tengah menyiapkan sejumlah sarana pendukung seperti aneka jajanan dan minuman khas yang kelak akan disajikan pada para wisatawan yang datang. Diantaranya, Harno menyebut minuman ketimun biji selasih, kelapa muda, gula aren yang akan dijual di warung-warung menuju obyek wisata.

Melihat potensi Sibedug, ketua HPI Wonosobo, Salim Bawasir menilai bahwa bukit sibedug ini layak sekali untuk jadi obyek wisata karena bukit ini dikelilingi waduk Wadaslintang yang sangat menawan dan cocok untuk rekreasi keluarga maupun rombongan. Senada, Pembina HPI Kabupaten Wonosobo, Agus Purnomo juga mengatakan adanya bukit sibedug ini akan melengkapi tujuan wisata daerah Kecamatan Wadaslintang, khususnya di seputaran waduk Wadaslintang, sehingga wisatawan bisa menikmati satu paket tujuan obyek wisata terutama daerah selatan seperti obyek wisata Lubang sewu, Bukit Siloreng, Desa Kumejing, Siwindu dan Kalianget Somogede yang kandungan belerangnya sangat bagus untuk therapi kesehatan.

Reporter : Andika

Editor : Drajat

DomaiNesia

Wonosobo

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.