Lagi, Gempa 6,9 SR Guncang Sumbawa

154 views


Sumbawa, Medianasional.id– Lagi gembumi berkekuatan besar 6,9 Scala Richter terjadi pada kedalaman 10 kilometer di laut dengan jarak 884 kilometer arah Barat Daya Pulau Sumbawa, NTB, Minggu (14/7) pukul 13.39 WITA pada koordinat 18,3 derajat Lintang Selatan (LS) dan 120,17 derajat Bujur Timur (BT).

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Mataram, AAgus Riyanto di Mataram, Minggu (14/7) kepada wartawan menjelaskan, gempa ini dirasakan dalam skala Mercalli di Waingapu (skala III), Bima (skala III), Sumbawa (Skala III), dan Mataram (Skala II).

Dikatakan gempa yang terjadi ini lalu dimutakhirkan dengan kekuatan 6,6 Skala Richter berkedalaman 10 kilometer di laut 884 kilometer Barat Daya Sumbawa dan tidak berpotensi tsunami.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi merupakan gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal di Utara Port Hedland, Australia Barat,” jelas Agus.

Dikatakan, hasil pemodelan menunjukkan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa di wilayah laut di Australia Barat itu dibangkitkan deformasi batuan dengan mekanisme gerakan dari struktur sesar mendatar.

Menurutnya, gempa tersebut tercatat dengan baik pada sensor seismik BMKG di Plampang, Waikabubak, Waingapu, Lombok, dan Kupang pada pukul 13.41 WIB.

Laporan masyarakat menunjukkan, gempa dirasakan di Waingapu, Sumbawa, Bima pada skala III Mercalli dan Mataram pada skala II Mercalli.

“Belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut hingga sat ini. Hingga pukul 15.04 WIB, monitoring BMKG belum menunjukkan aktivitas gempa susulan,” jelas Agus. (herman)

Gempa bumi Sumbawa

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.