Kodim 0715 Kendal Gelar Parade Pesona Budaya

69 views

Kendal, medianasional.id Kodim 0715 Kendal Kodam IV Diponegoro Jawa Tengah, akan gelar Parade Pesona Budaya tingkat Nasional tanggal 9 – 11 November 2018 di GOR Bahurekso Kendal.
Kegiatan tersebut didukung penuh oleh Komunitas Keris Senopati Nusantara dan Tosan Aji Kendal.

Parade Pesona Budaya tingkat Nasional merupakan kegiatan dalam rangka memperingati hari Pahlawan ke 73 dan Hari Juang Kartika TNI AD.
Bertujuan untuk memberikan pemahaman pada generasi muda tentang warisan budaya adi luhung dari bangsa Indonesia, memacu pertumbuhan dan perkembangan industri pariwisata di kabupaten Kendal yang selama ini belum memenuhi ekspektasi.

Dalam kesempatan tersebut dipamerkan pula benda-benda peninggalan purbakala, keris dari jaman kerajaan Kediri, Majapahit, Mataram Kuno, Mataram Islam hingga Jaman sekarang.
Disamping itu, akan digelar bursa keris, lomba bilah keris tingkat nasional dan lomba perkutut tingkat Lokal yang memperebutkan Piala Dandim Kendal serta pertunjukan pentas seni.

Ketua Panitia Kegiatan, Jupriyono mengatakan bahwa Keris bukanlah benda mistik akan tetapi sebuah karya budaya unik yang tidak dimilik oleh bangsa-bangsa lain di dunia.
“Keris merupakan sebuah karya seni yang telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia sehingga sangat perlu untuk dilestarikan”, kata Jupri.

Jupriyono melanjutkan, bahwa jika selama ini keris dianggap sebagai sebuah benda penuh mistis maka hal tersebut tidaklah benar.

” Keris itu merupakan benda hasil kreasi seni budaya dari para empu, berupa seni tempa dan bukan benda yang dikaitkan dengan klenik atau mistis,” pungkasnya.

Kontributor : Febriyanto

Editor : Puji_Leksono

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.